Mewakili Persidangan Pertama Pembubaran JAD, Siapa Zainal Anshori?

Apa sih peran Anshori?

Jakarta, IDN Times - Dalam persidangan perdana pembubaran JAD di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada (24/7), Jaksa Penuntut Umum (JPU) Heri Jerman mengawali dengan pembacaan dakwaan.

Dakwaan dibacakan kepada terdakwa JAD yang diwakili Zainal Anshori alias Abu Fahri sebagai salah satu pimpinan JAD Jawa Timur.

1. Zainal adalah pengikut setia Aman Abdurahman

Mewakili Persidangan Pertama Pembubaran JAD, Siapa Zainal Anshori?IDN Times/Irfan Fathurohman

Sebagai pimpinan JAD Jawa Timur, Zainal mengawal gerakan-gerakan amaliah sejak 2014 sampai 2017. Dalam fakta persidangan, Heri menyebut bahwa Zainal adalah pengikut setia Aman Abdurahman.

“Pada 2014 Aman Abdurahman memanggil pengikut setianya Abu Musa dan Zainal Anshori. Dalam pertemuannya Aman menyampaikan beberapa hal, hal tersebut sama seperti ukhuwah bahwa di akhir zaman nanti tegak khilafah islamiah,” tegas Heri Jerman.

Baca juga: Alasan Aman Abdurrahman Tak Ajukan Banding Setelah Vonis Hukuman Mati

2. Aman menunjuk Zainal sebagai pimpinan JAD Jawa Timur

Mewakili Persidangan Pertama Pembubaran JAD, Siapa Zainal Anshori?IDN Times/Irfan Fathurohman

Aman Abdurahman menunjuk Zainal sebagai amir wilayah karena dipandang memiliki jemaah yang banyak. Adapun tujuannya untuk dukung daulah islamiyah di Suriah dengan melaksanakan hijrah dan jihad.

Setelah Zainal terpilih, ia ditunjuk oleh Marwan untuk menjadi panitia daulah menggantikan Marwan yang akan berangkat ke Suriah dan bergabung dengan IISIS.

3. Zainal sempat menjadi ketua panitia pelaksana daulah di Malang pada 2015

Mewakili Persidangan Pertama Pembubaran JAD, Siapa Zainal Anshori?IDN Times/Irfan Fathurohman

Zainal selanjutnya membentuk panitia pelaksanaan daulah di Malang pada 2015. Acara yang dilaksanakan di sebuah vila dikemas seolah-olah ada pengobatan herbal. 

Acara daulah yang membahas seputar tauhid tersebut dihadiri oleh amir-amir yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah sekitar 30 amir atau pimpinan JAD setiap daerah.

Baca juga: Selain Hukuman Mati, Aman Abdurrahman Diminta Ganti Rugi Rp 1 Miliar

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya