Rupiah Melemah, Fadli Zon: Jangan Dianggap Enteng 

Sandiaga Uno juga mengaku khawatir karena...

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon angkat bicara mengenai merosotnya kembali nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).
Nilai tukar rupiah pada Kamis sore hingga malam (30/8) tembus batas psikologis baru di atas Rp14.700 per dolar.  


 

1. Depresiasi nilai tukar rupiah bisa picu krisis moneter

Rupiah Melemah, Fadli Zon: Jangan Dianggap Enteng ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Fadli mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah bahaya dan bisa memicu krisis moneter.  “Jangan dianggap enteng. Ya, nanti swasta yang meminjam anggaran utang dan sebagainya kemudian jatuh tempo tidak bisa membayar karena beratnya kurs,” paparnya.

Baca Juga: Rupiah Melemah Karena Lira, Menkeu: Indonesia Beda dengan Turki

2. Fadli: tim ekonomi pemerintah harus mikir

Rupiah Melemah, Fadli Zon: Jangan Dianggap Enteng Rapat Terbatas untuk menjaga stabilitas rupiah, 14/8 (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR RI itu berharap pemerintah dengan tim ekonominya mampu menahan laju depresiasi rupiah.

“Pemerintah harus berpikir ekstra untuk mengatasi ini, ini kan sepertinya kita tidak ada daya.  Seharusnya, tim ekonomi pemerintah memikirkan ini supaya bisa menahan laju depresiasi rupiah terhadap dolar Amerika,” kata Fadli setelah rapat internal Partai Gerindra di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis malam (30/8). 
 

Baca Juga: Rupiah Melemah Lagi Karena Dipicu Sentimen The Fed

3. Sandiaga: kita tidak ingin beban masyarakat semakin berat

Rupiah Melemah, Fadli Zon: Jangan Dianggap Enteng IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Di lokasi yang sama, bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno juga mengomentari melemahnya nilai tukar rupiah. “Kami khawatir juga," kata dia. 

Sandiaga mengungkap, pelemahan rupiah tersebut sempat dibahas Prabowo Subianto dalam rapat internal partai. "Saya menyampaikan bahwa kekhawatiran masyarakat akan naiknya bahan-bahan pokok karena dipicu oleh nilai tukar rupiah yang melemah. Nah ini yg harus kita sikapi dan kita tidak ingin semakin berat beban bagi masyarakat,” kata Sandiaga. 
 

Baca Juga: Rekor Terendah Sejak Awal 2018, Rupiah Tembus Rp14.728 per Dolar 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya