Comscore Tracker

1 Mantri Hilang Saat Penyerangan Kiwirok, Ada di Markas TPNPB-OPM 

TPNPB-OPM akan menyerahkan Mantri Gerald  Sokoy ke gereja

Jakarta, IDN Times - Mantri Gerald Sokoy yang sempat hilang usai serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua akhirnya ditemukan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). 

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom membantah, pihaknya menyandera Gerald dan memastikan kondisinya dalam keadaan sehat.

“Selama kurang lebih 10 hari, Mantri Gerald Sokoy bersama pasukan TPNPB-OPM Kodap 15 Ngalum Kupel dalam kondisi sehat dan bukan disandera,” kata Sebby lewat keterangan tertulisnya, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Nakes Korban KKB di Kiwirok: Saya Tidak Ingin Kembali Bertugas 

1. TPNPB-OPM sebut Gerald Sokoy tersesat dan diselamatkan

1 Mantri Hilang Saat Penyerangan Kiwirok, Ada di Markas TPNPB-OPM Tenaga kesehatan, Gerald Sokoy di markas TPNPB-OPM. (dok. TPNPB-OPM)

Sebby menjelaskan, Gerald Sokoy saat kejadian penyerangan sempat melarikan diri dan tersesat. Saat tersesat, Gerald Sokoy diselamatkan TPNPB-OPM. 

“Mantri nakes (tenaga kesehatan) tersebut tersesat dalam peristiwa penembakan di Distrik Kiwirok, maka pasukan TPNPB-OPM tetap lindungi Gerald Sokoy sebagai warga sipil nonmiliter,” ujarnya.

2. TPNPB-OPM akan menyerahkan Gerald Sokoy ke pihak gereja

1 Mantri Hilang Saat Penyerangan Kiwirok, Ada di Markas TPNPB-OPM Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) Sebby Sambom. (dok. TPNPB-OPM)

TPNPB-OPM melalui Lamek Taplo akan menyerahkan Gerald Sokoy melalui pihak gereja atau pemerintah daerah Kabupaten Pengunungan Bintang secara terhormat.

“Semua peristiwa yang terjadi selama ini simpang siur, itu Gerald Sokoy akan jelaskan kepada publik terkait dokter bersenjata dan nasib nakes yang korban meninggal dunia,” ujar Sebby.

3. Gerald Sokoy akan menjelaskan kronologi peristiwa Kiwirok

1 Mantri Hilang Saat Penyerangan Kiwirok, Ada di Markas TPNPB-OPM Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bakar fasilitas umum di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9/2021). (dok. Satgas Nemangkawi)

Sebby membantah TPNPB-OPM menyerang tenaga kesehatan saat peritiwa penembakan di Kiwirok. Ia memastikan, Gerald Sokoy akan menuturkan kesaksiannya untuk membuktikan peristiwa yang sebenarnya.

“Semua pihak tetap bertahan dan banyak pihak yang menyudutkan kami TPNPB-OPM. Semua akan dengar langsung dari mantri Gerald Sokoy,” ujar Sebby.

“Waktu untuk serahkan Sokoy dari kami TPNPB-OPM kepada pihak gereja atau pemerintah daerah itu kami akan atur sesuai situasi dan kondisi yang kami hadapi, oleh karena itu semua pihak khususnya seluruh rakyat Papua tetap bersabar,” sambungnya.

Baca Juga: Nakes Korban KKB di Kiwirok Bantah Rekannya Pegang Senjata Api

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya