10 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia Minggu Siang Ini

Indonesia telah terima 94.500.000 dosis vaksin Sinovac

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali kedatangan bahan baku (bulk) vaksin COVID-19 Sinovac. Bulk vaksin Sinovac yang tiba hari ini, Minggu (20/6/2021), merupakan kedatangan tahap ke-17 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pukul 13.05 WIB.

“Hari ini kita kedatangan 10 juta bulk vaksin, artinya sudah 91 juta vaksin telah tiba di Tanah Air untuk diproduksi menjadi vaksin COVID-19,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi di Bandara Soekarno-Hatta, yang disiarkan langsung YouTube Sekretariat Presiden.

Bulk vaksin Sinovac diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-89, dari Tiongkok.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

1. Indonesia sudah diterima 94,5 juta dosis vaksin Sinovac

10 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia Minggu Siang IniIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Dok. Sinovac

Dengan kedatangan bulk vaksin Sinovac ini, total vaksin yang telah diterima Indonesia yakni 94.500.000 dosis vaksin Sinovac, 8.228.000 Astrazeneca, dan 2.000.000 vaksin Sinopharm.

“Ini adalah vaksin yang sudah teruji dari aspek keamanan, efikasi, dan mutunya,” ujar Oscar.

2. Presiden Jokowi minta vaksinasi digenjot untuk mempercepat terciptanya herd immunity

10 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia Minggu Siang IniPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kedatangan vaksin ini diharapkan dapat memenuhi target vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah. Apalagi saat ini penyebaran COVID-19 tengah melonjak. 

Presiden Joko “Jokowi” Widodo sebelumnya berharap, proses vaksinasi bisa dilakukan secepatnya, sehingga kekebalan komunal atau herd immunity segera terbentuk. Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau vaksinasi massal COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/6/2021).

3. Jokowi minta Anies Baswedan vaksinasi 7,5 juta penduduk DKI pada akhir Agustus 2021

10 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia Minggu Siang IniIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Untuk wilayah DKI Jakarta, Jokowi memberikan target kepada Gubernur Anies Baswedan untuk bisa memvaksinasi 7,5 juta penduduk pada akhir Agustus 2021.

“Ini memang target yang sangat ambisus. Tapi mau tidak mau, kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal, herd immunity,” kata Jokowi seperti disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Terkait tantangan ini, Anies mengatakan, Pemprov DKI menargetkan hingga akhir Juni 2021 bisa memvaksinasi tiga juta warga, di mana target vaksinasi per harinya 100 ribu warga

Baca Juga: Vaksin Impor Terdaftar di WHO, Erick: Vaksin Kita Bukan Kaleng-Kaleng

Topik:

  • Sunariyah
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya