2 Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Suru-suru Papua Dievakuasi

Terdapat satu anggota TNI yang meninggal dunia

Jakarta, IDN Times - Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Arm Reza, mengatakan dua anggota TNI korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Suru-suru, Yahukimo, Papua, telah dievakuasi. Proses evakuasi ke RSUD Dekai dilakukan menggunakan Helikopter, Sabtu (20/11/2021) pukul 18.00 WIT.

Direncanakan, Minggu (21/11/2021), kedua korban dibawa menuju Jayapura untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

“Mohon doa dari kita semua agar aparat TNI Polri yang bertugas selalu diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan Bumi Cenderawasih semakin kondusif sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Reza kepada IDN Times, Minggu (21/11/2021).

1. Seorang personel TNI meninggal dunia

2 Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Suru-suru Papua DievakuasiIlustrasi jenazah (ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding)

Reza mengungkapkan penyerangan Komando Rayon Militer (Koramil) Suru-suru itu terjadi pada Sabtu (20/11/2021) pukul 06.00 WIT. Akibatnya, dua orang anggota TNI menjadi korban, salah satu di antaranya meninggal dunia.

“Telah terjadi aksi penembakan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) terhadap personel Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan Suru-Suru,” kata dia.

Baca Juga: KKB Serang Koramil Suru-suru Yahukimo, Satu Prajurit Tewas Tertembak

2. Kedua anggota TNI diserang saat akan berbelanja

2 Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Suru-suru Papua DievakuasiAksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Peristiwa penyerangan, kata dia, bermula ketika beberapa anggota Satuan BKO Apter Koramil Persiapan Suru-Suru berangkat dari Koramil untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di kios terdekat. Perjalanan belanja tersebut menggunakan speed boat.

“Dalam perjalanan tersebut, tiba-tiba ditembak oleh KST dari arah seberang sungai yang mengakibatkan satu anggota meninggal dunia dan satu anggota luka-luka,” ujar Reza.

3. Satuan BKO Apter Kodim Koramil Persiapan Suru-suru kawal pembangunan di Papua

2 Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Suru-suru Papua DievakuasiANTARA FOTO/ Marius Frisson Yewun

Keberadaan Satuan BKO Apter Kodim Koramil Persiapan di wilayah Papua adalah untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka menyiapkan sarana dan prasarana. Sementara itu, TNI dihadapkan dengan masih minimnya jumlah Kodim dan Koramil yang masih ada saat ini.

Selain itu, tugas dari satuan BKO Apter adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Papua.

“Penembakan yang dilakukan oleh KST tersebut menunjukkan bahwa kelompok ini tidak menginginkan adanya peningkatan perekonomian bagi masyarakat Papua dengan aksi-aksi penyerangan dan teror yang kerap kali dilakukan bukan hanya kepada aparat TNI Polri namun juga masyarakat lainnya,” ujar Reza.

Baca Juga: Baku Tembak Satgas Nemangkawi dengan KKB Kembali Terjadi di Intan Jaya

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya