Comscore Tracker

2 Harimau Positif COVID-19, Hasil Swab PCR di Hidung setelah Dibius

Hari dan Tino dibius agar tak ada korban

Jakarta, IDN Times - Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan dua harimau Sumatra terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani tes swab PCR.

“Dilakukan swab PCR di hidung dalam keadaan setelah dibius. Karena hewan buas, kita tak ingin petugas jadi korban,” kata Bambang kepada IDN Times, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Duh, 2 Harimau di Ragunan Positif COVID-19

1. Swab PCR hanya di bagian hidung harimau

2 Harimau Positif COVID-19, Hasil Swab PCR di Hidung setelah DibiusHarimau Sumatera yang masuk box trap yang dipasang di Desa Plakat, Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kabupaten Muaraenim, Sumsel/IDN Times/Istimewa

Bambang menjelaskan, pengambilan sampel terhadap dua harimau atau hewan lainnya dilakukan tim kesehatan Ragunan. Proses yang dilakukan sama dengan tes usap kepada manusia. 

“Kalau harimau ini hanya di bagian hidung kita swab, mulut sih gak ya,” kata Bambang. 

2. Gejala pertama pada harimau Tino pada 9 Juli

2 Harimau Positif COVID-19, Hasil Swab PCR di Hidung setelah DibiusIlustrasi harimau (IDN Times/Andri NH)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati menjelaskan salah satu harimau Sumatra bernama Tino yang berusia 9 tahun mengalami sakit pada 9 Juli. Gejala klinisnya sesak nafas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan penurunan nafsu makan. 

Kemudian, selang dua hari, satu harimau Sumatra lainnya bernama Hari yang berusia 12 tahun terpantau kondisi kesehatannya juga menurun dengan menunjukkan gejala klinis yang sama dengan harimau Tino.

“Pada tanggal 14 Juli, kami lakukan pengambilan sampel dengan di-swab kemudian dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor. Lalu, hasilnya keluar tanggal 15 Juli yang menyatakan bahwa kedua satwa tersebut terpapar COVID-19,” terang Suzi dikutip dari keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Takut COVID-19, Kim Jong-Un Minta Musnahkan Kucing dan Merpati

3. Kondisi 2 harimau Sumatera kini telah membaik

2 Harimau Positif COVID-19, Hasil Swab PCR di Hidung setelah DibiusJejak kaki Harimau Sumatra yang ditemukan di Daerah Cubadak Lilin, Kenagarian Tigo Balai Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. IDN Times/Andri NH

Suzi menambahkan, sejak mengidap sejumlah gejala dan kondisi kesehatan yang menurun, kedua satwa itu segera diberikan pengobatan, di antaranya pemberian antibiotik, antihistamin, antiradang, dan multivitamin setiap hari. 

Suzi menyebut, dalam waktu sekitar 10 hingga 12 hari pengobatan, kondisi kedua satwa berangsur membaik dan pulih.

“Kondisi kedua satwa sudah sehat. Nafsu makan sudah kembali normal dan satwa juga sudah kembali aktif,” ungkapnya.

Baca Juga: Studi: Vaksin DNA COVID-19 Ampuh pada Percobaan Hewan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya