2 Korban Tewas Penembakan KKB di Bandara Aminggaru Berhasil Dievakuasi

Satgas Nemangkawi masih mencari satu jenazah lainnya

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas Ops Nemangkawi akhirnya berhasil menguasai Bandara Aminggaru, Ilaga, Papua setelah kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terjadi pada Kamis (3/6/2021).

Setelah kontak tembak selama tiga jam, tim gabungan TNI-Polri itu melakukan penyisiran dan melakukan olah TKP keesokan harinya, Jumat (4/6/2021).

“Kami berhasil mengevakuasi 2 jenazah warga sipil di kampung Nipurolome distrik Ilaga, Puncak yang ditembak KKB,” kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudusy kepada IDN Times, Sabtu (5/6/2021).

1. Tim gabungan masih mencari satu jenazah lainnya

2 Korban Tewas Penembakan KKB di Bandara Aminggaru Berhasil DievakuasiKorban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Iqbal menjelaskan, dua jenazah yang berhasil dievakuasi yaitu Nelius Kogoya dan Petena Murib. Kedua korban langsung dibawa ke Puskesmas Ilaga.

Tim gabungan juga masih melakukan pencarian terhadap satu jenazah lainnya.

“Atas penyampaian perwakilan dari warga sipil atas nama Enos Murib agar jenazah setelah diidentifikasi dapat dibawa ke Kampung Niporolome untuk dikebumikan secara adat dan meminta perlindungan sepenuhnya dari aparat keamanan untuk menjaga warga masyarakat yang akan mengamankan diri ke Ilaga,” ujar Iqbal.

2. KKB membakar tower ATC Bandara Aminggaru

2 Korban Tewas Penembakan KKB di Bandara Aminggaru Berhasil DievakuasiKelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar bendera Republik Indonesia di Nduga Papua. (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, KKB terus melakukan aksi teror. Kali ini mereka membakar tower dan berbagai fasilitas Bandar Udara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (3/6/2021).

Selain tower bandara, KKB juga membakar ruang tunggu bandara, perumahan Perhubungan Udara, dan satu kios milik warga.

“Tim gabungan TNI-Polri saat ini masih melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, lewat keterangan tertulisnya, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga: KKB Bakar Tower dan Fasilitas Bandara Aminggaru Ilaga

3. Tim gabungan TNI-Polri sempat kontak tembak dengan KKB

2 Korban Tewas Penembakan KKB di Bandara Aminggaru Berhasil DievakuasiTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Kamal menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 17.40 WIT. Saat itu petugas melihat kepulan asap tebal dari arah Bandar Udara Aminggaru.

“Aparat Keamanan menaikkan drone untuk memantau kepulan asap tersebut dan terlihat Tower/ATC Bandar Udara Aminggaru Ilaga telah dibakar,” ujar Kamal.

Melihat kejadian tersebut, tim gabungan TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Puncak langsung mendatangi TKP.

“Namun sebelum sampai di TKP terjadi Kontak tembak antara TNI-Polri dan KKB yang berlangsung selama 1 Jam,” imbuhnya.

3. TPNPB-OPM membenarkan pembakaran Bandara Aminggaru Ilaga

2 Korban Tewas Penembakan KKB di Bandara Aminggaru Berhasil DievakuasiJuru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) Sebby Sambom. (dok. TPNPB-OPM)

Sementara itu, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom membenarkan pihaknya telah membakar Bandar Udara Aminggaru Ilaga.

Sebelum melakukan pembakaran, KKB atau TPNPB-OPM sempat kontak senjata dengan TNI-Polri selama sembilan jam.

“Kami serang militer dan polisi Indonesia di Bandara Ilaga, dan kami lakukan kontak senjata dan kami juga bakar bandara di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua. Ini adalah laporan langsung dari Ilaga, yang telah dilaporkan oleh Numbuk Tenggen, Ilaga,” ujar Sebby kepada IDN Times, Jumat (4/6/2021).

“Tentara Pembebasan Nasinal Papua Barat (TPNPB) bertanggung jawab atas penembakan ini, dan juga bakar Bandar di Ilaga,” imbuhnya.

5. TPNPB-OPM imbau warga imigran untuk keluar dari Ilaga Papua

2 Korban Tewas Penembakan KKB di Bandara Aminggaru Berhasil DievakuasiTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Atas peristiwa tersebut, TPNPB-OPM mengimbau warga Papua dan imigran untuk segera meninggalkan wilayah Ilaga, Puncak, Papua. Hal tersebut menyusul, penetapan zona perang oleh TPNPB-OPM.

“Dan TNI-Polri segera hentikan propaganda murahan dengan dalih TPNPB-OPM tembak masyarakat sipil. Tidak ada wagra sipil di wilayah konflik bersenjata, yang ada hanya TNI-Polri dengan pasukan intelejennya. Jadi jangan salahkan pimpinan dan pasukan TPNPB, jika ada yang kena tembak,” kata Sebby.

Baca Juga: Makin Brutal, KKB Diduga Tembak Mati Kepala Kampung dan Keluarganya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya