2 Terduga Teroris JAD Ditangkap di Yogyakarta, Berbaiat pada ISIS

Keduanya berbaiat pada ISIS Abu Bakar Al Baghdadi

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua orang yang diduga teroris kelompok Jemaah Ansharut Daulah (JAD) di Yogyakarta.

Karopenmas Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, keduanya ditangkap pada Rabu (9/2/2022).

Update penangkapan dua tersangka tindak pidana terorisme jaringan JAD di wilayah DIY,” ujar Ramadhan lewat keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris JI di Sumut Jelang Kunker Jokowi

1. RAU ikut uji coba bom Gunung Sepuh di Bantul pada 2018

2 Terduga Teroris JAD Ditangkap di Yogyakarta, Berbaiat pada ISISIDN Times/Axel Joshua Harianja

Ramadhan menjelaskan, dua orang yang diduga teroris JAD itu adalah RAU (32) dan SU (52). RAU yang merupakan seorang wiraswasta ditangkap di Jalan Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Rabu (9/2/2022) pukul 07.41 WIB.

“Keterlibatan berbaiat pada Amir Daulah Islamiyah Abu Bakar Al Baghdadi pada 2014, 2019 berbaiat ulang kepada Amir Daulah Islamiyah Al Hasyimi, RAU anggota JAD Yogya, ikut uji coba bom Gunung Sepuh, Bantul 2018,” ujar Ramadhan.

2. SU berbaiat pada ISIS

2 Terduga Teroris JAD Ditangkap di Yogyakarta, Berbaiat pada ISISIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Teroris kedua yang ditangkap adalah SU yang berdomisili di Bantul, Yogya. Ia ditangkap di Kecamatan Sewon, Bantul, Rabu (9/2/2022), setelah penangkapan RAU.

“Keterlibatan 2016 berbaiat pada ISIS Abu Bakar Al Baghdadi, 2019 berbaiat pada ISIS Abu Ibrahim Al Hashimi Al Quraishi, SU anggota JAD Yogya, SU pernah ikut latihan militer IDAD bersama kelompok JAD Yogya 2016 sampai 2019, ingin melakukan amaliyah dengan melakukan penyerangan ke kantor polisi,” ujar Ramadhan.

3. Densus 88 masih mengintrogasi dan menyelidiki RAU dan SU

2 Terduga Teroris JAD Ditangkap di Yogyakarta, Berbaiat pada ISISKaropenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Namun demikian, Ramadhan belum menjelaskan lebih rinci soal kronologi penangkapan dan barang bukti apa saja yang berhasil diamankan dari RAU dan SU.

“Saat ini dilakukan proses Interogasi dan penyelidikan,” kata Ramadhan.

Baca Juga: 9 Prajurit TNI Pemburu DPO Teroris Poso Dapat Kenaikan Pangkat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya