2 Terduga Teroris Sempat ke Sidang Rizieq Shihab, Keamanan Diperketat

Polisi buat skema 4 ring pengamanan sekitar PN Jaktim

Jakarta, IDN Times - Gabungan personel TNI-Polri sebanyak 1.394 orang diterjunkan untuk mengawal jalannya persidangan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (30/3/2021).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, pengamanan sidang kali ini diperketat setelah dua terduga teroris yang ditangkap di Condet dan Bekasi, sempat hadir di PN Jaktim beberapa waktu lalu.

“Tentu (kehadiran dua terduga teroris) ini juga menjadi dasar pertimbangan meningkatkan kewaspadaan dan cara bertindak yang lebih efektif,” kata Erwin saat dikonfirmasi.

Baca Juga: [BREAKING] Polri Tangkap 13 Terduga Teroris di Jakarta, Makassar, NTB

1. Dua terduga teroris pernah hadir di sidang Rizieq Shihab

2 Terduga Teroris Sempat ke Sidang Rizieq Shihab, Keamanan DiperketatPengadilan Negeri Jakarta Timur (IDN Times/Aryodamar)

Dua terduga teroris yang sempat datang ke sidang pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tersebut adalah Zulaimi Agus dan Husien Hasni.

Zulaimi dan Husein ditangkap dalam operasi Densus 88 usai bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, pada Minggu (28/3). Zulaimi ditangkap di Bekasi dan Husein di Condet, Jakarta Timur. Saat penangkapan keduanya, polisi menyita kartu tanda anggota (KTA) dan seragam FPI.

“Tentu kita akan meningkatkan kewaspadaan ya. Pemeriksaan orang, pemeriksaan barang, pemeriksaan kendaraan yang kemungkinan dicurigai mengganggu jalannya sidang dan tentu sekali lagi kita mengimbau para simpatisan untuk tidak berbondong-bondong datang kemari,” ujar Erwin.

2. Pengamanan empat ring

2 Terduga Teroris Sempat ke Sidang Rizieq Shihab, Keamanan DiperketatPengadilan Negeri Jakarta Timur (IDN Times/Aryodamar)

Sidang kali ini beragenda tanggapan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas eksepsi atau nota keberatan Rizieq Shihab. Polisi telah menyusun skema pengamanan di sekitar PN Jaktim.

“Pengamanan kita bagi menjadi empat ring, mulai di dalam ruang sidang, sekitar ruang di pengadilan negeri, kemudian menjauh di titik luar dari gerbang sampai nanti ring 4 adalah patroli mobile, dari Patra Brimob, TNI, tim Rajawali Polres Metro Jaktim,” ujar dia.

3. Kuasa hukum Rizieq Shihab protes karena media yang diizinkan meliput dibatasi

2 Terduga Teroris Sempat ke Sidang Rizieq Shihab, Keamanan DiperketatPengadilan Negeri Jakarta Timur (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, memprotes karena media yang hendak meliput sidang kliennya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dibatasi. Ia mengaku sudah menyampaikan protes resmi ke majelis hakim.

"Kita sudah sampaikan keberatan itu lewat mejelis hakim. Katanya itu urusan humas, silakan hubungi humas," kata Aziz usai persidangan, Jumat (26/3/2021).

Aziz memprotes terbatasnya media karena hal itu menyangkut keterbukaan informasi. Padahal, hakim menyatakan sidang terbuka untuk umum.

IDN Times juga sempat tak bisa masuk ke dalam lingkungan PN Jakarta Timur. Namun, akhirnya diizinkan menjadi satu dari 20 media yang boleh masuk ke dalam, tetapi tetap tak bisa masuk ruang sidang.

Jurnalis yang masuk di PN Jakarta Timur pun hanya disediakan layar untuk menyaksikan persidangan yang sudah berjalan.

"Kita protes juga tindakan kepada pers seperti ini. Kepada majelis hakim minta supaya dibuka akses untuk media," jelas Aziz.

Baca Juga: Akhirnya Rizieq Shihab Jalani Sidang Tatap Muka di PN Jakarta Timur

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya