3 Hari Operasi, Densus 88 Tangkap 48 Tersangka Teroris di 11 Wilayah

Teroris itu anggota JI dan jaringan media sosial JAD

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 48 tersangka teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI) dan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) di 11 wilayah Indonesia.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, operasi pencegahan dan penindakan terorisme tersebut dilakukan sejak 12 hingga 15 Agustus 2021. 

“Densus 88 berhasil menangkap 48 tersangka teroris di 11 wilayah di Indonesia. Dari 48 tersangka yang diamankan terbagi menjadi dua jaringan kelompok, yaitu jaringan JI sebanyak 45 tersangka dan jaringan media sosial JAD 3 tersangka,” kata Ramadhan lewat jumpa pers secara virtual, Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 37 Terduga Teroris Jemaah Islamiyah dari 10 Provinsi

1. Enam tersangka teroris ditangkap di Sumatra Utara, satu masih buron

3 Hari Operasi, Densus 88 Tangkap 48 Tersangka Teroris di 11 WilayahAnggota JAD Sulsel yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri/Polda Sulsel

Ramadhan menjelaskan, penangkapan 48 tersangka teroris ini ditangkap di wilayah berbeda-beda di 11 provinsi. Dengan rincian 7 target di Sumatra Utara, namun hanya berhasil menangkap 6 orang, dan 1 tersangka lainnya masih dalam proses pengejaran. Enam tersangka itu berinisial RS, IH, AK RA, HA dan DI.

Di Jambi ada 3 target dan semuanya berhasil ditangkap yaitu DW, HF dan IL. Kemudian, di Lampung ada 7 target yang berhasil ditangkap, yaitu AL, SH, IG, SG, FW, JS dan AS.

2. Lima teroris di Banten, 6 di Jabar, dan 10 di Jateng

3 Hari Operasi, Densus 88 Tangkap 48 Tersangka Teroris di 11 WilayahTim Densus 88 menggeledah rumah pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar/Istimewa

Di Banten ada 5 target dan semua berhasil ditangkap yakni AS, ML, RJ, AS dan MD. Sementara di Jawa Barat ada 6 target, 5 di antaranya berhasil ditangkap dan 1 masih dalam pengejaran. Mereka adalah FS, US, RH, RS dan HF.

Jawa Tengah ada 10 target dan semuanya berhasil ditangkap yakni MM, WM, FA, BB, NP, MD, LD, KT, DS dan FS. Sedangkan di Jawa Timur ada 6 target, 4 di antaranya berhasil ditangkap yakni FM, ADP, ES dan AB, sementara 2 lainnya masih buron.

3. Dua teroris di Sulsel, 1 Maluku, 1 Kalbar, dan 3 JAD Kaltim

3 Hari Operasi, Densus 88 Tangkap 48 Tersangka Teroris di 11 WilayahAnggota JAD Sulsel yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri/Polda Sulsel

Sementara, di Sulawesi Selatan ada 2 target dan berhasil ditangkap yakni NS dab HP. Sedangkan di Maluku ada 2 target, dan 1 ditangkap berinisial TE dan 1 lainnya masih pengejaran.

Di Kalimantan Barat ada 1 target atas nama MD berhasil ditangkap. Dan jaringan media sosial JAD Kalimantan Timur ada 3 target dan berhasil ditangkap yaitu WS, RW dan SU.

Baca Juga: Densus 88 Kembali Tangkap 4 Terduga Teroris, Total Jadi 41 Orang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya