Comscore Tracker

3 Hektare Lahan TPU Rorotan Disiapkan untuk Pemakaman Jenazah COVID-19

Total luas TPU Rorotan 25 hektare

Jakarta, IDN Times - Proses pematangan lahan TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, sudah mencapai tiga hektare, yang diprediksi bisa menampung sekitar 7.200 petak makam.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara Elly Sugestianingsih menjelaskan, total luas area TPU Rorotan adalah 25 hektare.

Rencana awalnya akan disiapkan dua hektare untuk pemakaman COVID-19, tapi ternyata proses pematangan lahannya sudah mencakup tiga hektare. 

"Dari tiga hektare lahan yang sudah dimatangkan akan menampung sekitar 7.200 petak makam. Hingga saat ini makam yang sudah terpakai sekitar 900-an. Kita semua berharap tidak akan ada lagi penambahan jumlah jenazah COVID-19 yang dimakamkan di sini," kata Elly dalam  keterangan tertulisnya, Kamis (24/6/2021).

Baca Juga: Akhirnya TPU Rorotan Dibuka untuk Pemakaman Jenazah COVID-19

1. TPU Rorotan tambah 30 petugas pemakaman

3 Hektare Lahan TPU Rorotan Disiapkan untuk Pemakaman Jenazah COVID-19Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau kesiapan Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah yang terpapar COVID-19 di Rorotan, Jakarta Utara, pada Rabu (23/6/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Untuk memaksimalkan pelayanan pemakaman di TPU Rorotan, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara menyiagakan 30 petugas.

“Awalnya, kita siagakan 18 petugas dikarenakan adanya peningkatan jumlah jenazah COVID-19 maka tim yang bertugas di TPU Rorotan ditambah menjadi 30 orang," terang Elly. 

Dalam waktu dekat, kata dia, petugas akan merapikan badan makam agar tertata. "Secara bertahap akan kita lakukan biar lebih rapi. Sedangkan proses pembangunan sejumlah fasilitas di TPU Rorotan masih terus berjalan."

"Ini adalah pekerjaan kolaborasi dengan melibatkan semua unsur dalam upaya menyediakan kebutuhan lahan pemakaman COVID-19 di wilayah DKI Jakarta," sambung Elly.

2. Jenazah COVID-19 DKI Jakarta dipusatkan di TPU Rorotan

3 Hektare Lahan TPU Rorotan Disiapkan untuk Pemakaman Jenazah COVID-19Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan di TPU Rorotan, Jakarta Utara. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, TPU Rorotan adalah kawasan baru yang saat ini hanya digunakan untuk pemakaman dengan protokol COVID-19. Hal itu disampaikan saat dia memantau langsung TPU Rorotan yang berlokasi di RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu, 23 Juni 2021.

"Disiapkan 3 hektare dan sudah terpakai 900 makam. Jenazah pasien COVID-19 akan dibawa ke TPU Rorotan, sehingga semua bisa terkonsentrasi. Kita tidak ingin tempat ini terpakai banyak, mari kita dalam pelaksanaan PPKM Mikro untuk mengurangi aktivitas di luar dan perbanyak di rumah. Lakukan pertemuan dengan alat komunikasi jarak jauh, sehingga terhindar dari potensi penularan COVID-19," ungkap Anies.

3. Anies imbau warga DKI Jakarta agar disiplin protokol kesehatan

3 Hektare Lahan TPU Rorotan Disiapkan untuk Pemakaman Jenazah COVID-19Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan di TPU Rorotan, Jakarta Utara. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies juga berpesan kepada masyarakat Jakarta untuk lebih bertanggung jawab dan disiplin melindungi diri sendiri, keluarga, tetangga dan kolega dari risiko penularan COVID-19.

“Kepada keluarga perhatikan pada anak-anak karena temuan kita terlihat persentase anak yang terpapar sekarang jauh lebih tinggi daripada lonjakan yang sebelumnya sampai 16 persen, dan balita sekitar 45 persen," kata dia.

Menurut Anies, mengantarkan sanak saudaranya untuk dimakamkan di TPU Rorotan adalah kesedihan yang luar biasa. “Kita ingin sedikit mungkin lahan yang dipakai di sini. TPU Rorotan dibangun bersamaan dengan pandemik COVID-19. Sambil jalan kita kerjakan ini semua, DKI menyiapkan tempat tapi tidak ingin banyak yang dimakamkan di sini," tutur dia.

Baca Juga: Anies Tinjau TPU Rorotan: Jangan Semakin Banyak yang Diantar ke Sini

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya