Comscore Tracker

4.049 Kotak Suara Tiba di Gudang KPU Cimanggis untuk Pilkada Depok 

KPU Depok juga akan menerima bilik suara  

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 4.049 kotak suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2020 telah tiba di Gudang KPU Kota Depok, Jawa Barat, di Kubik Logistik Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis, Selasa (2/11/2020).

“KPU Kota Depok saat ini selain sedang melakukan rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), juga tengah fokus kepada tahapan logistik. Tahapan ini juga merupakan tahapan krusial yang memerlukan perhatian secara khusus,” ujar Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna lewat keterangan tertulis.

Baca Juga: KPU Depok akan Terapkan Hal Baru Dalam Pencoblosan Pilkada 2020

1. KPU Depok juga akan menerima bilik suara

4.049 Kotak Suara Tiba di Gudang KPU Cimanggis untuk Pilkada Depok 4.049 kotak suara untuk Pilkada Depok sudah tiba, Selasa (2/11/2020) (Dok. KPU Depok)

Setelah kotak suara, dalam waktu dekat, kata Nana, KPU Depok juga akan menerima bilik suara, segel, hologram, sampul, dan lain sebagainya. Ia mengatakan, akan mengupayakan pengelolaan logistik ini dapat terlaksana dengan baik, transparan, dan akuntabel.

“Sejak awal KPU Kota Depok telah mempersiapkan dan merencanakan pengelolaan logistik pilkada ini dengan standar operasional prosedur 'just in time' dalam penyelenggaraan kali ini,” ujar dia.

2. KPU Depok memastikan keamanan logistik pilkada

4.049 Kotak Suara Tiba di Gudang KPU Cimanggis untuk Pilkada Depok 4.049 kotak suara untuk Pilkada Depok sudah tiba, Selasa (2/11/2020) (Dok. KPU Depok)

Nana menjelaskan, KPU Depok terus memastikan keamanan logistik pemilihan agar Pilkada Kota Depok berjalan sesuai rencana. Logistik pemilihan ini juga menurutnya, merupakan salah satu instrumen penting dalam tahapan penyelenggaraan pilkada yang tidak boleh dianggap remeh.

“Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui logistik. Jadi, logistik pilkada memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi di samping instrumen tahapan yang lain,” ujarnya.

3. KPU Depok menetapkan 1.229.362 DPT untuk Pilkada 2020

4.049 Kotak Suara Tiba di Gudang KPU Cimanggis untuk Pilkada Depok Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. IDN Times/Arief Rahmat

Sebelumnya, KPU Depok menetapkan 1.229.362 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat Kota Depok.

Dari jumlah tersebut, terdapat 605.924 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan 623.438 pemilih berjenis kelamin perempuan. Sementara itu, KPU Depok menyiapkan 4.015 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 63 kelurahan.

Baca Juga: Pilkada di Masa Pandemik, Pakar UGM: Petugas TPS harus Tegas 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya