501 Organisasi Relawan Dukung Koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin

Mereka akan difokuskan mencari suara langsung ke pemilih

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut ada 501 organisasi relawan yang sudah terdaftar mendukung pasangan calon nomor urut 1 itu pada Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Rabu (26/9).

1. 501 organisasi relawan fokus pada isu buruh sampai nelayan

501 Organisasi Relawan Dukung Koalisi Jokowi-Ma’ruf AminIDN Times/Irfan Fathurohman

Maman mengatakan, ratusan organisasi relawan itu memiliki lingkup gerak yang beragam. Organisasi relawan ini akan fokus pada isu buruh hingga nelayan.

"Fokus kerja para relawan itu ada di advokasi atau hukum. Ada yang di isu buruh, di isu kesehatan, ada juga yang di lingkungan, ada juga di khusus bidang pendampingan petani, nelayan, dan sebagainya," kata Maman.

2. Jumlah organisasi relawan terus bertambah

501 Organisasi Relawan Dukung Koalisi Jokowi-Ma’ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Maman menyebut jumlah organisasi relawan yang terdaftar kemungkinan besar akan bertambah. Sebabnya, saat ini tim kampanye daerah (TKD) juga akan melakukan koordinasi dengan para relawan yang ada di tingkat wilayah.

Politikus PKB itu mencontohkan, ada banyak kelompok relawan yang dulunya mendukung Ridwan Kamil, Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat akan mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Beberapa tempat ada juga istilah Sekber. Apapun istilahnya sinergitas antara tim kampanye dengan relawan menjadi sangat penting karena kami punya dua kekuatan besar soliditas partai pendukung Koalisi Indonesia Kerja dan juga kekuatan relawan," tutur Maman.

Baca Juga: Menanti Sikap Yenny Wahid, Gusdurian Diklaim Dukung Jokowi-Ma’ruf

3. Relawan akan diajak berkampanye meningkatkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf

501 Organisasi Relawan Dukung Koalisi Jokowi-Ma’ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nantinya, para relawan akan diajak berkampanye untuk meningkatkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di tiap kelompok pemilih. Mereka akan difokuskan mencari suara langsung ke para pemilih di daerah.

"Relawan ini akan menyasar sampai ke kelompok pemilih terkecil. Perintahnya adalah micro targeting, micro campaign. Jadi tujuannya adalah bagaimana menyasar TPS, karena itu perlawanan kita sesungguhnya di situ," kata Wakil Direktur Relawan TKN Mohammad Yamin.

Ikuti terus berita-berita seputar Pemilu 2019 di Millennials Memilih IDN Times. #MillennialsMemilih.

Baca Juga: BREAKING: Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya