Comscore Tracker

Perwakilan Eks Pegawai KPK Datang ke Mabes, Terima Tawaran Kapolri

Pertemuan akan kembali digelar bahas teknis rekrutmen

Jakarta, IDN Times - Sebanyak sembilan orang perwakilan dari 57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Mabes Polri pada Senin (4/10/2021).

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, 57 eks pegawai KPK menerima tawaran Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo untuk jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri.

“Bahwa dari perwakilan sudah (menerima), sudah diskusi. Dari sembilan orang tadi mengapresiasi apa yang menjadi harapan Kapolri,” kata Argo di Mabes Polri, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: KPK Sebut 57 Pegawai yang Dipecat sebagai Orang Bebas

1. 9 perwakilan eks pegawai KPK bertemu Asisten SDM Polri

Perwakilan Eks Pegawai KPK Datang ke Mabes, Terima Tawaran KapolriPegawai nonaktif KPK lakukan aksi protes di depan Gedung KPK pada Rabu (15//9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Argo menjelaskan, sembilan orang perwakilan 57 eks pegawai KPK telah bertemu Asisten SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada beserta jajaran di Biro SDM Mabes Polri pada pukul 15.15 WIB.  

Mereka diundang Mabes Polri untuk mendiskusikan nasib mereka pasca tawaran Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo yang ingin 57 eks pegawai KPK ikut memperkuat kinerja Polri.

“Dalam pertemuan tersebut kita diakusi, kita juga dengarkan apa yang mereka sampaikan dan intinya bahwa pertemuan ini tidak hanya sekali ini, ini akan terus berlanjut,” ujar Argo.

Baca Juga: Novel Baswedan Cs: Dipecat KPK, Disambut Mantan Pimpinan

2. Pertemuan akan kembali digelar bahas teknis rekrutmen

Perwakilan Eks Pegawai KPK Datang ke Mabes, Terima Tawaran KapolriPegawai nonaktif KPK lakukan aksi protes di depan Gedung KPK pada Rabu (15//9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Argo mengatakan, pertemuan akan kembali digelar untuk membahas regulasi secara teknis yang akan melibatkan ahli. Ia sebut, Polri akan terus melakukan komunikasi dengan 57 eks pegawai KPK. 

“Jadi harapannya sesegera mungkin untuk bisa mencapai keputusan,” ujar Argo.

Baca Juga: Polri Koordinasi dengan KemenPAN-RB Bahas Rekrutmen 57 Eks Pegawai KPK

3. Kapolri rekrut mantan pegawai KPK untuk perkuat Polri

Perwakilan Eks Pegawai KPK Datang ke Mabes, Terima Tawaran KapolriKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebelumnya, Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit mengatakan telah mengirimkan surat permintaan kepada Presiden Jokowi untuk merekrut 56 pegawai KPK yang tidak lulus TWK agar menjadi ASN di Polri. Khususnya, untuk penanganan bidang tindak pidana korupsi (tipikor).

"Rekam jejak dan pengalaman di tipikor sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi Polri yang sedang kita kembangkan," kata Listyo dalam siaran persnya melalui video, Selasa (28/9/2021).

Listyo mengaku surat permohonan tersebut sudah direspons Jokowi melalui Mensesneg Pratikno. Dalam balasannya, kata dia, Jokowi menyatakan setuju akan rencana perekrutan 56 pegawai KPK menjadi ASN Polri.

"Kemarin tanggal 27 (September) kami dapat surat jawaban dari Pak Presiden melalui Mensesneg secara tertulis, prinsipnya beliau setuju 56 orang pegawai KPK untuk bisa menjadi ASN Polri," ucapnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya