6 Polwan Terima Penghargaan Kapolri di Hari Jadi ke-73 Polwan RI

Prestasi mulai dari soal pemulasaran jenazah hingga atlet

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada enam anggota Polisi Wanita (Polwan) pada Hari Jadi ke-73 Polwan RI pada 1 September 2021.

Sigit menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para jajaran polwan yang terus bekerja dan berjuang, untuk melindungi segenap tumpah darah Bangsa Indonesia. 

Di tengah momentum hari jadi ke-73, Sigit berharap polwan dapat menjadi srikandi atau pahlawan yang membawa nama baik institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

"Saya selaku Kapolri mengucapkan selamat, terus berkarya, laksanakan tugas sebaik-baiknya jadilah srikandi-srikandi Polri yang membawa nama harum institusi," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Keberanian Enam Polwan Anggota Satgas Nemangkawi Tumpas KKB di Papua

1. Kapolri memberi penghargaan kepada enam polwan berprestasi

6 Polwan Terima Penghargaan Kapolri di Hari Jadi ke-73 Polwan RIIlustrasi polwan (ANTARA/ Rudi Mulya)

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri ditemani Ibu Asuh Polwan RI Julianti Sigit Prabowo, memberikan penghargaan Pin Emas kepada enam polwan yang berprestasi, mereka adalah:

1. AKBP Rani Wahyoe Prasanti, prestasi sebagai Kasatgas penanggulangan COVID-19 RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung.

2. Kompol Yayuk Sulistyaningsih, prestasi vaksinator terbanyak di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

3. Kompol Sukmawati, prestasi sebagai atlet menembak nasional dan internasional.

4. Iptu Wardiati, prestasi sebagai atlet dan wasit judo tingkat nasional.

5. Iptu Khusnul Khotimah, prestasi sebagai pemulasaran jenazah COVID-19.

6. Bripka Tri Asih, prestasi mengajak masyarakat membudidayakan menanam varietas nanas bagong.

2. Polwan sudah banyak menjabat posisi penting

6 Polwan Terima Penghargaan Kapolri di Hari Jadi ke-73 Polwan RIIlustrasi sejumlah polisi perempuan bersiap mengikuti HUT Polwan di Monas pada 2018 lalu (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar)

Menurut mantan Kapolda Banten ini, sampai saat ini polwan terus menunjukan eksistensi dan kiprah dalam menjalankan tugas, baik di bidang operasional, pembinaan dan pengawasan. Berbagai jabatan dan posisi strategis saat ini juga sudah mulai diisi polwan. 

"Apabila dahulu ada senior pernah menjabat sebagai Kapolda saat ini ada yang menjabat pejabat utama, wakapolda, kepala biro, direktur, menjadi kapolres, menjadi wakapolres, menjadi kapolsek, dan menjadi anggota yang bertugas di lini terdepan," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga menekankan kepada polwan untuk bisa menjadi teladan bagi masyarakat, di lingkungan Polri dan keluarga. Selain sebagai polisi, polwan juga memiliki peran penting di dalam keluarga, yakni ibu rumah tangga, sehingga kedua peran itu harus dijalani secara seimbang.

3. Kapolri imbau polwan untuk tetap fokus penanganan COVID-19

6 Polwan Terima Penghargaan Kapolri di Hari Jadi ke-73 Polwan RIIlustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Di tengah pandemik COVID-19, Sigit menekankan pentingnya peran polwan. Menurutnya, prajurit Bhayangkari harus berada di lini terdepan untuk ikut membantu pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan COVID-19. 

Terkait hal itu, Sigit mengakui telah melihat polwan terus bergerak untuk berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi, edukasi, bahkan juga di dalam kegiatan mendistribusikan bantuan sosial atau bansos. Kemudian, ada juga yang terlibat langsung dalam akselerasi vaksinasi, pemulasaran jenazah pasien virus corona. 

Kapolri mengatakan dengan adanya kerja sama dan kerja keras pemerintah, TNI, Polri dan elemen masyarakat, pertumbuhan COVID-19 saat ini berhasil ditekan. Namun, kata dia, pandemik tetap harus diwaspadai dengan cara penerapan protokol kesehatan (prokes), agar kasus tidak kembali mengalami lonjakan. 

"Karena saat ini dibeberapa wilayah turunkan level tentunya di posisi ini terjadi kelonggaran. Disaat kelonggaran potensi kerumunan akan menigkat kalau kita tidak kendalikan dengan baik laju COVID-19 akan meningkat kembali. Sehingga bagaimana peran kita semua khususnya rekan Polwan untuk menguatkan edukasi, berikan contoh dan ingatkan ke masyarakat untuk senantiasa laksanakan prokes secara ketat," kata Sigit.

Baca Juga: Mengungkap Sejarah Polwan yang Bermula dari Perempuan Minang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya