Comscore Tracker

Gak Dapat Kursi Menteri dari Jokowi, Begini Jawaban Lugas PSI 

"Gak pernah minta jatah."

Jakarta, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak mendapat jatah kursi menteri dari Jokowi. Padahal, partai yang dipimpin oleh Grace Natalie tersebut bisa dibilang partai yang paling getol mendukung Joko "Jokowi" Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Seorang warganet dengan nama akun @imrann pun mempertanyakan kenapa PSI tidak mendapat jatah kursi menteri. “Kok tak ada dari PSSI?” kata akun @imrann, Rabu (23/10).

“Gapapa, dong. Kan memang gak pernah minta jatah. Dukung Pakde tanpa pamrih, kok,” demikian jawab akun resmi PSI di laman Twitter mereka.

Seperti diketahui, Jokowi telah mengumumkan nama-nama para menteri barunya di periode kedua di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10) pukul 08:30 WIB.

Dari 38 kursi nama menteri, ada nama-nama yang berasal dari enam partai politik. Partai-partai tersebut yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerindra, Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Beberapa partai pendukung yang hanya bisa ‘gigit jari’ di antaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PKPI, Hanura, dan Perindo. Seperti diketahui, keempatnya termasuk PSI merupakan partai yang getol mendukung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

Jokowi-Ma’ruf pada masa Pilpres 2019 didukung oleh sembilan parpol, mereka adalah PDIP, Golkar, PKB, Hanura, NasDem, Perindo, PSI, PPP, dan PKPI.

Dari keenam partai tersebut, jumlah kader terbanyak yang menduduki posisi dalam kabinet periode ini berasal dari PDIP dan Golkar dengan empat kader. Empat menteri dari PDIP yaitu Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Loaly, Menteri Kesejahteraan Sosial Juliari Batubara, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara empat menteri dari Golkar yaitu Airlangga Hartanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian, Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.

Mereka yang duduk di kursi menteri dari PKB yaitu Ida Fauziah sebagai Menteri Ketenagakerjaan, Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri Desa dan PDT, dan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

Sementara tiga menteri dari NasDem adalah Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian, Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Johnny G. Plate enteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sedangkan Gerindra hanya mendapatkan dua kursi menteri, yakni Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

https://www.youtube.com/embed/gu67B1qOlZU

Baca Juga: Banyak Ketua Umum Parpol di Kabinet, Ini Jawaban dari Jokowi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Just For You