Acara Pelantikan, Jokowi-Ma'ruf Diarak dari Patung Kuda Menuju Istana

Ada 6 panggung di sepanjang Patung Kuda menuju Istana

Jakarta, IDN Times - Panitia syukuran Inaugurasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 akan menyajikan sejumlah hiburan, untuk mengisi momen pelantikan Joko "Jokowi" Widodo-Ma’ruf Amin pada Minggu (20/10) mendatang. Salah satunya adalah parade budaya dan nonton bareng.

Ketua Pelaksana Syukuran Inaugurasi, Abdul Gani Nena Wea mengatakan, kegiatan tersebut akan dipusatkan di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat hingga ke Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara.

"Acara tersebut dimulai pukul 12.00 WIB di area Patung Kuda hingga ke Istana Merdeka," kata Abdul Gani dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/10).

Baca Juga: DPR: 30 Ribu Personel TNI Polri Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

1. Enam panggung akan menghiasi Jalan Merdeka Barat hingga Istana

Acara Pelantikan, Jokowi-Ma'ruf Diarak dari Patung Kuda Menuju IstanaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam acara yang dibiayai oleh relawan Jokowi-Ma’ruf itu, terdapat enam panggung di sepanjang area tersebut yang menyajikan pentas seni dan budaya, yang diisi langsung oleh relawan.

"Disiapkan sekitar enam panggung untuk kegiatan seni dan budaya dari organisasi relawan Jokowi dan komponen masyarakat," ujarnya.

2. Juga ada layar tancap

Acara Pelantikan, Jokowi-Ma'ruf Diarak dari Patung Kuda Menuju IstanaANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp

Memasuki pukul 14.00 WIB, panitia menyediakan layar tancap untuk menonton secara live pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Kita menonton secara live di Gedung MPR-DPR, nanti panitia akan siapkan beberapa layar besar atau videotron untuk menonton kegiatan bersama," lanjut Abdul Gani.

3. Jokowi-Ma’ruf akan diarak dari Patung Kuda menuju Istana

Acara Pelantikan, Jokowi-Ma'ruf Diarak dari Patung Kuda Menuju IstanaIDN Times/Ganug Nugroho

Setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, kegiatan seni budaya dilanjutkan kembali dan mempersiapkan kedatangan Presiden dan Wakil Presiden.

Jokowi dan Ma’ruf Amin kemudian akan diarak dari Patung Kuda menuju Istana Negara.

4. Syukuran inaugurasi akan digelar serentak di beberapa daerah

Acara Pelantikan, Jokowi-Ma'ruf Diarak dari Patung Kuda Menuju IstanaIDn Times/Ganug Nugroho

Syukuran Inaugurasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 akan dilaksanakan secara serentak di beberapa daerah seperti Yogyakarta dan Kuningan, Jawa Barat.

Kegiatan di Yogyakarta dimulai pukul 15.00 WIB, diawali dengan penampilan marching band Universitas Gadjah Mada, kemudian dari barisan Prajurit Keraton dan komponen masyarakat lainnya.

Sementara di Kuningan, Jawa Barat, kegiatan bertempat di lokasi Perjanjian Linggarjati saat kemerdekaan Indonesia. Acara tersebut akan digarap oleh komunitas millennial Kota Kuningan, dengan menampilkan parade budaya. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Prabowo Subianto akan Hadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya