Ada 333 Titik Sekat Larangan Mudik 2021 yang Disiapkan Polri

Polri akan umumkan teknis pengaman mudik Senin

Jakarta, IDN Times - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan Korlantas Polri telah menyiapkan 333 titik penyekatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Titik penyekatan ini untuk memastikan masyarakat agar tidak mudik lebaran 2021 sebagai tindak lanjut dari keputusan pemerintah.

"Untuk itu keputusan dilarang mudik harus kami persiapkan teknisnya. Korlantas Polri telah menetapkan 333 titik penyekatan baik di jalur arteri maupun tol. Baik menuju dalam maupun luar Jawa," kata Istiono lewat keterangan tertulisnya, Jumat (2/4/2021).

1. Polri antisipasi jalur menuju Jabar dan Jateng

Ada 333 Titik Sekat Larangan Mudik 2021 yang Disiapkan PolriSpanduk ajakan tidak mudik di Serang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Istiono menjelaskan, 333 titik sekat yang disiapkan mayoritas dari Jakarta menuju Jawa Barat dan Tengah. Polri akan mengantisipasi jalur tol dan di jalur arteri baik jalur Pantura, tengah, selatan, hingga Jateng.

"Kami telah tetapkan titik titik penyekatan agar semua tidak bisa melakukan mudik sesuai aturan. Nanti akan ada aturan khusus yang kami siapkan di lapangan,” kata dia.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Pemberlakuan SIKM di Jakarta Masih Tunggu Waktu Tepat

2. Penyekatan untuk menekan angka kasus COVID-19

Ada 333 Titik Sekat Larangan Mudik 2021 yang Disiapkan PolriANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Istiono menegaskan, larangan mudik oleh pemerintah dilakukan mengingat pandemik COVID-19 masih ada. Mengutip data dari Satgas COVID-19, ditegaskan Istiono, setiap ada libur panjang, angka kenaikan kasus selalu tinggi.

"Data menunjukkan setiap libur panjang, terjadi peningkatan penularan COVID-19 yang cukup signifikan. Tidak ada kata lain, kami harus antisipasi semuanya," tegas dia.

3. Menhub memerintahkan Dirjen untuk berkoordinasi dengan Kakorlantas Polri

Ada 333 Titik Sekat Larangan Mudik 2021 yang Disiapkan PolriMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono membahas persiapan pengamanan larang mudik lebaran 2021 di gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (2/4/2021). Dok: Humas Polri

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan telah memerintahkan para Dirjen untuk berkoordinasi dengan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, dan Satgas COVID-19 membahas teknis pengamanan larangan mudik lebaran 2021. Budi ingin penanganan larangan mudik tetap humanis namun tegas.

"Saya menugaskan Dirjen Hubungan Darat dan lainnya untuk koordinasi dengan Kakorlantas dan Satgas. Insya Allah apa yang dilakukan itu tetap tegas tetapi humanis," ujarnya.

"Satu hal yang saya minta, koordinasi ini tidak hanya di tingkat pusat, tapi juga daerah," lanjut dia.

4. Teknis pengamanan akan diumumkan Senin

Ada 333 Titik Sekat Larangan Mudik 2021 yang Disiapkan PolriMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono membahas persiapan pengamanan larang mudik lebaran 2021 di gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (2/4/2021). Dok: Humas Polri

Budi menyebut teknis soal pengamanan larangan mudik 2021 akan diumumkan pada konferensi pers pada Senin (5/4/2021) nanti.

Dalam kesempatan yang sama, Istiono mengatakan koordinasi antara Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan perlu dilakukan untuk menyamakan persepsi agar larangan mudik lebaran 2021 bisa dilakukan dengan baik. Kakorlantas mengutip istilah keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

"Beliau (Menteri Perhubungan) memberikan atensi penuh terhadap persiapan larangan mudik untuk 2021. Koordinasi intens ini untuk penyamaan persepsi di lapangan. Tentunya berangkat dari solus populi excelso (keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi)," kata Istiono.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Penumpang Bandara Soetta Diprediksi Meningkat

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya