Ada 60 WNI di Kapal Costa Luminosa yang Sedang Berlabuh di Prancis

Kapal sempat ditolak karena bawa penumpang positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 60 Warga Negara Indonesia (WNI) diketahui bekerja sebagai kru kapal pesiar Costa Luminosa yang berlabuh di Marseille, Prancis, setelah beberapa penumpangnya dinyatakan positif terjangkit virus corona atau COVID-19.

Menurut Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir, secara umum 60 WNI di kapal berbendera Italia itu dalam kondisi baik.

“Pagi ini saya sudah bicara dengan salah satu kru WNI. Terdapat 60 kru WNI yang bekerja di kapal tersebut. Secara umum sebagian besar mereka dalam keadaan baik,” kata Arrmanatha dilansir dari Kantor Berita Antara, Sabtu (21/3).

1. 60 WNI belum terjangkit

Ada 60 WNI di Kapal Costa Luminosa yang Sedang Berlabuh di PrancisABK World Dream menuju bus untuk kembali ke daerahnya masing-masing (IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Pada Kamis (19/3), otoritas kesehatan Marseille naik ke kapal untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Belum ada informasi resmi terkait apakah ada kasus positif COVID-19 (pada WNI),” ujar Arrmanatha.

Baca Juga: Ada Penumpang Italia, Kapal Pesiar Costa Fortuna Negatif COVID-19

2. Kapal akan menuju Italia

Ada 60 WNI di Kapal Costa Luminosa yang Sedang Berlabuh di PrancisSuasana Pelabuhan Tj. Priok saat kedatangan 188 ABK World Dream (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebagian penumpang yang memang sudah berencana melanjutkan perjalanan pulang melalui pesawat dari Marseille, Kamis (19/3) telah turun dari kapal. Sementara itu, penumpang yang masih berada di atas kapal diminta untuk tetap berada di kamar masing-masing.

“Ada kemungkinan siang ini (Jumat) atau besok pagi (hari ini), kapal akan menuju Savona, Italia,” tutur Arrmanatha.

3. Arrmanatha akan terus memantau 60 WNI di Costa Luminosa

Ada 60 WNI di Kapal Costa Luminosa yang Sedang Berlabuh di Prancis(IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Kapal The Costa Luminosa berlabuh di Marseille pada Kamis sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Arrmanatha menjanjikan untuk terus memantau perkembangan situasi terkait COVID-19 di kapal tersebut.

Baca Juga: Penumpang Positif COVID-19, Kapal Costa Luminosa Ditolak di Spanyol

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya