Ada Peluru Nyasar ke Gedung DPR, Perbakin Beberkan Kejanggalannya

Peluru diduga berasal dari Lapangan Tembak Senayan

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto memastikan jenis senjata yang digunakan untuk menembak ruang nomor 1601 milik anggota DPR Fraksi Gerindra Wenny Warouw dan ruangan 1313 milik anggota DPR Fraksi Golkar Bambang Heri berkaliber 9 mm.

"Saya sampaikan tadi inisialnya (penembak) I. Dia anggota Perbakin Tangsel, tentang apakah dia sudah lama atau tidak nanti akan didalami oleh penyidik," ujar Setyo di Media Center DPR RI, Jakarta, Senin (15/10).

Setyo mengatakan dua peluru yang menembus ruangan anggota DPR dipastikan berasal dari Lapangan Tembak Senayan, Jakarta.

Pantauan IDN Times di lokasi, ada dua arena yang langsung menghadap Gedung DPR. Arena jarak tembak 10 meter dan arena jarak tembak 25 meter.

1. Kabid Binpres Perbakin pertanyakan pistol yang digunakan penembak

Ada Peluru Nyasar ke Gedung DPR, Perbakin Beberkan KejanggalannyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Kabid Binpres Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin) Glenn Clifton Apfel mempertanyakan apakah mungkin pistol yang diduga digunakan penembak berinisial I dengan laras pistol Glock 17 dapat menjangkau Gedung DPR yang jarak dari Lapangan Tembak Senayan sekitar 500 meter lebih. “Kalau pistol kok jauh sekali jangkauannya,” ucap Apfel kepada IDN Times.

Baca Juga: Polisi Periksa Diduga Pelaku Penembakan Peluru Nyasar di Gedung DPR

2. Apfel mempertanyakan konstruksi lapangan

Ada Peluru Nyasar ke Gedung DPR, Perbakin Beberkan KejanggalannyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Apfel mengatakan dirinya belum secara detil melihat situasi dan kemungkinan dari Lapangan Tembak Senayan. Namun, ia mengatakan akan segara bertolak ke Jakarta dan melihat TKP.

Kendati demikian, Apfel masih menduga kemungkinan-kemungkinan yang terjadi atas peristiwa peluru nyasar tersebut. “Lalu apakah kelepasan tembakan atau salah konstruksi lapangan?” ujar Apfel.

3. Tidak mungkin peluru bisa keluar dari pengaman arena tembak

Ada Peluru Nyasar ke Gedung DPR, Perbakin Beberkan KejanggalannyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Ketika IDN Times menelusuri arena tembak di Lapangan Tembak Senayan, memang setiap arena memiliki jarak yang berbeda-beda, dan tentunya dengan pengaman yang berbeda.

Seperti pada arena berjarak 10 meter pengamannya berupa lempengan seng yang berdiri tegak dengan tinggi sekitar 5 meter. Karena itu Apfel mengaku heran jika benar peluru itu bisa keluar dari pengaman.

“Kok bisa keluar dari tanggul pelurunya?" pungkas Apfel.

Baca Juga: Peluru Nyasar di Ruang Anggota DPR, Bamsoet: Pelaku dari Perbakin

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya