Ada Wakapolri dan Irwasum, Ini 7 Jenderal Polisi yang Pensiun 2023

Irwasum sudah memasuki masa pensiun pada 19 Februari 2023

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam waktu dekat akan segera melakukan rotasi jabatan di tingkat perwira tinggi. Rotasi ini akan dilakukan pada jabatan-jabatan bergengsi.

Jabatan yang akan mengalami rotasi adalah yang disandang oleh jenderal Polri dengan pangkat bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen). Salah satunya, Inspektur Pengawasan Polri (Irwasum) yang dijabat Komjen Pol Agung Budi Maryoto. Jabatan tersebut akan berganti pemilik karena Agung Budi telah memasuki masa pensiun pada 19 Februari 2023.

Namun demikian, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan, rotasi besar-besaran tersebut masih menunggu informasi Asisten Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri.

“Tunggu info dari SDM dahulu ya," kata Dedi saat dikonfirmasi, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Polri Siap Bantu PSSI, Satgas Anti Mafia Bola Bakal Diperkuat

1. Wakapolri hingga Dankor Brimob juga bakal pensiun

Ada Wakapolri dan Irwasum, Ini 7 Jenderal Polisi yang Pensiun 2023IDN Times/Aris Darussalam

Selain Irwasum, berdasarkan catatan, ada 6 personel Polri berpangkat Komjen yang akan memasuki masa pensiun. Mereka adalah Wakil Kepala Polri (Wakapolri), Komjen Pol, Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Kemudian, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Petrus Reinhard Golose; Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar; Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komjen Pol Luki Hermawan; serta Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revandoko. 

Baca Juga: Polri Menduga Dosen UII Munasir Rafie Sengaja Menghilangkan Diri

2. Para jenderal yang pensiun diberikan kesempatan 1 tahun untuk masa persiapan

Ada Wakapolri dan Irwasum, Ini 7 Jenderal Polisi yang Pensiun 2023Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Boy Rafli (dok BNPT)

Masa pensiun anggota Polri sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sebagaimana termaktub dalam aturan itu, batas maksimum seorang personel Polri adalah pada usia 58 tahun. Hal itu diatur dalam Pasal 3 Ayat (2).

Masih dalam pasal tersebut, Ayat (3) mengatur soal seorang yang pensiun diberikan kesempatan selama satu tahun untuk masa persiapan pensiun. 

Baca Juga: Polri Koordinasi dengan Atase Polisi Cari Dosen UII yang Hilang

3. Daftar 7 jenderal pensiun pada 2023

Ada Wakapolri dan Irwasum, Ini 7 Jenderal Polisi yang Pensiun 2023Kabarhakam Polri kunjungi titik penyekatan di Bundaran Waru. Dok. Istimewa.

Adapun Pati Polri berpangkat Komjen yang dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun adalah sebagai berikut:

1. Irwasum Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto

Agung adalah polisi lulusan Akademisi Kepolisian (Akpol) 1987. Ia lahir pada 19 Februari 1965. Dengan begitu, pada hari ulang tahunnya, Agung Budi akan menginjak usia 58 tahun.

Sebelumnya, Agung pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Kapolda Jawa Barat, Kapolda Sumatra Selatan hingga Kepala
Korps Lalu Lintas Kepolisian (Kakorlantas Polri). 

2. Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto

Ia merupakan jebolan Akpol 1987. Arief akan menginjak usia 58 tahun pada 24 Maret 2023 nanti. 

Arief sendiri pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, As SDM Kapolri hingga Kapolda Kalimantan Barat. 

3. Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar

Boy Rafli Amar akan memasuki masa pensiun pada 25 Maret 2023 mendatang. Boy merupakan lulusan Akpol 1988. 

Sebelum menjadi Kepala BNPT, Boy pernah menjabat beberapa posisi di Polri, di antaranya, Wakalemdiklat Polri, Kadiv Humas Polri, Kapolda Banten dan Kapolda Papua. 

4. Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komjen Pol Luki Hermawan

Luki merupakan Pati Polri kelahiran 22 April 1965. Ia akan menginjak umur 58 tahun pada 22 April 2023. Luki adalah lulusan Akpol tahun 1987. Ia pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, Wakalemdiklat Polri, dan Wakabaintelkam Polri. 

5. Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono 

Gatot merupakan lulusan Akpol 1988. Ia akan menginjak usia 58 tahun pada 28 Juni. Sebelum menjadi Wakapolri, Gatot pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Asrena Kapolri, Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi Kapolri dan Wakapolda Sulsel. 

6. Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri Komjen Pol Anang Revandoko

Anang Revandoko merupakan lulusan Akpol tahun 1988. Anang sendiri kelahiran 14 Oktober 1965. Sebelum menjabat Dankor Brimob, ia pernah menjadi Kapolda Kalteng hingga Wadankor Brimob Polri. 

7. Kepala BNN, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose

Petrus Reinhard merupakan jebolan Akpol 1988. Ia kelahiran 27 November 1965 dan memasuki usia 58 tahun pada 2023 ini. 

Sebelum menjadi Kepala BNN, Petrus Golose pernah menjabat sebagai Kapolda Bali, Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT hingga Direktur Penindakan BNPT. 

Di internal Polri, biasanya dalam melakukan rotasi jabatan yang terbilang strategis akan dibahas dalam rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Mereka akan merapatkan sejumlah nama yang direkomendasikan untuk mengisi jabatan itu dan nantinya akan diserahkan kepada Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.  

Baca Juga: Helikopter Mendarat Darurat, Polri: Kapolda Jambi Selamat tapi Luka

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya