Comscore Tracker

Ambil Alkes Virus Corona di Tiongkok, Menhan Minta Bantuan Pesawat TNI

Prabowo minta TNI siapkan pesawat untuk ke Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyediakan pesawat TNI, untuk mengambil alat kesehatan di Shanghai, Tiongkok. Permintaan tersebut tertuang dalam Surat Menteri Pertahanan bernomor B/667/M/III/2020.

"Mohon Panglima TNI dapat memberikan dukungan pesawat terbang dalam rangka pengambilan alat kesehatan yang berada di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok," demikian mengutip surat yang ditujukan ke Panglima TNI, Kamis (19/3).

1. Pesawat akan terbang dua hari ini

Ambil Alkes Virus Corona di Tiongkok, Menhan Minta Bantuan Pesawat TNIPesawat TNI AU (Twitter/@_TNIAU)

Menhan akan membawa beberapa alat kesehatan dari Tiongkok seperti disposable mask, N95 mask, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.

Saat dikonfirmasi, Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pesawat yang diminta Prabowo rencananya akan berangkat dalam 1-2 hari mendatang.

"Satu dua hari ini (berangkat)," kata Dahnil.

Baca Juga: PDP Virus Corona di Papua Bertambah Jadi 5, Salah Satunya Balita 

2. Bantuan pesawat sifatnya hibah

Ambil Alkes Virus Corona di Tiongkok, Menhan Minta Bantuan Pesawat TNIIDN Times/Irfan Fathurohman

Penggunaan pesawat TNI, kata Dahnil, untuk mempermudah proses birokrasi GtoG, yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya dan bisa membantu tim Gugus Tugas COVID-19.

“Bantuan sifatnya hibah,” ucap dia.

3. Sebanyak 309 kasus COVID-19 di Indonesia

Ambil Alkes Virus Corona di Tiongkok, Menhan Minta Bantuan Pesawat TNITahapan kondisi pasien virus corona dari hari ke hari (IDN Times/Sukma Shakti)

Juru Bicara Pemerintahan untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah kasus positif virus corona menjadi 309 kasus per Kamis (19/3). Yuri mengatakan kasus terbanyak berada di DKI Jakarta dengan 210 kasus.

Berikut sebaran kasus positif virus corona di beberapa daerah per Kamis pukul 16.00 WIB, Bali (satu kasus) Banten (27 kasus), Jawa Barat (26 kasus), Jawa Tengah (12 kasus), Jawa Timur (sembilan kasus).

Kemudian, Kalimantan Barat (dua kasus), Kalimantan Timur (tiga kasus), Kepulauan Riau (tiga kasus), Sulawesi Utara (satu kasus), Sumatera Utara (dua kasus), Sulawesi Tenggara (tiga kasus), Sulawesi Selatan (dua kasus), Lampung (satu kasus), dan Riau (tiga kasus).

https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ

Baca Juga: Dalam Sehari, Korban Meninggal Virus Corona di RI Bertambah 6 Orang

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya