Amien Rais Minta Oposisi, PAN: Keputusan Ada di Tangan Ketum

Beda sikap Amien Rais dan PAN, wah gimana nih?

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meminta PAN tetap menjadi oposisi. Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan sikap resmi partai akan disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan seusai rakernas.

"Kalau bicara sikap partai secara resmi, tentu nanti koordinasinya akan dilakukan oleh Ketua Umum. Bagaimana ke depannya, saya kira akan disampaikan oleh Bang Zulhas. Pak Amien kan hanya merespons pertemuan Pak Prabowo dengan Pak Jokowi. Mengenai arah politik dari partai, saya kira itu akan ditentukan oleh Ketua Umum," kata Eddy dilansir dari Kantor Berita Antara, Selasa (16/7).

1. PAN apresiasi keinginan Amien untuk tetap oposisi

Amien Rais Minta Oposisi, PAN: Keputusan Ada di Tangan KetumIDN Times/Denisa Tristianty

Eddy mengatakan, Amien menyatakan oposisi diperlukan dalam demokrasi. Karena itu, katanya, pernyataan Amien tersebut patut diapresiasi.

"Nah, dari apa yang saya baca, saya kira apa yang disampaikan Pak Amien ya itu adalah kata-kata bijak dari beliau bahwa beliau setuju ada oposisi dan oposisi itu perlu. Saya kira itu suatu hal yang memang anu, apa namanya, patut kita apresiasi dari Pak Amien," lanjut dia.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Zulkifli Hasan Bantah Bicara Soal Koalisi

2. Oposisi atau tidak, bagi PAN sama-sama terhormat

Amien Rais Minta Oposisi, PAN: Keputusan Ada di Tangan KetumIDN Times/Irfan Fathurohman

Eddy melanjutkan oposisi atau gabung ke pemerintah sama-sama terhormat. Yang terpenting, menurutnya, bagaimana partai bisa menjalankan dan mengabdi untuk masyarakat.

"Tapi saya kira oposisi atau pemerintah dua-duanya sangat terhormat yang penting bagaimana kita itu dalam jalankan kegiatan pengabdian ke masyarakat itu dirasakan oleh masyarakat. Itu saja penting. Jadi ya masalah oposisi atau bergabung, ya soal kita ada di mana saja. Tapi yang paling penting rakyat itu merasakan manfaat keberadaan kita," tuturnya.

3. PAN akan tetap kritisi pemerintah

Amien Rais Minta Oposisi, PAN: Keputusan Ada di Tangan KetumIDN Times/Teatrika Putri

Menurut Eddy, oposisi atau bergabung ke pemerintah sama-sama bisa bekerja sama dengan parpol lain di parlemen. Dia menyinggung peran PAN ketika berada di pemerintahan tapi mengkritik kebijakan Jokowi.

"Ketika kita masih berada di gerbong pemerintah sampai dengan tahun lalu kan PAN, meski jadi bagian pemerintah, kita beda pandangan ketika Perppu Ormas diajukan itu PAN beda pandangan. Berarti bahwa kalau memang ada hal yang kita sampaikan yang beda dengan pemerintah kami akan sampaikan, jadi pandangan kritis, konstruktif, tapi beretika tetap kita jalankan," kata Eddy.

4. PAN belum menentukan calon Ketua MPR

Amien Rais Minta Oposisi, PAN: Keputusan Ada di Tangan KetumIDN Times/Irfan Fathurohman

PAN, kata Eddy, juga belum membahas posisi Ketua MPR yang sampai saat ini diduduki oleh sang ketum. Eddy belum memastikan apakah PAN kembali mengajukan 'portofolio' sang ketum untuk paket Ketua MPR.

"Kita sadar diri, PAN itu di legislatif 2014 merupakan partai kelima, sekarang kita mengalami penurunan, dan berdasarkan Undang-Undang MD3 tentu pimpinan DPR kita nggak dapat. Untuk posisi yang lain kita juga sadar diri kok, makanya kita perlu adanya komunikasi yang positif, kerja sama yang baik dengan teman-teman yang ada di parlemen agar PAN juga bisa memiliki posisi yang strategis di legislatif ke depannya," kata Eddy.

"Bagaimanapun, saya rasa bahwa PAN itu memiliki kader yang sekarang menjadi anggota DPR lagi pasti akan membawa manfaat yang baik kalau diberi amanat untuk menduduki tempat-tempat yang cukup strategis di DPR nantinya," lanjut dia.

Baca Juga: Jokowi: Silakan Jadi Oposisi, Asal Jangan Menghina!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya