Amien: Ratna Ditangkap 4 Oktober, Surat Saya Tanggal 2, Ini Janggal!

Amien heran mengapa surat pemanggilannya terbit lebih dulu.

Jakarta, IDN Times  - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais merasa janggal terkait pemanggilannya sebagai saksi dari kasus hoaks Ratna Sarumpaet ke Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10).

Hal itu ia sampaikan saat tiba di Direktorat Reserse Kriminal Umum yang akan memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik.

"Ini kita lihat surat panggilan untuk saya tertanggal 2 Oktober 2018. Ini surat asli. Padahal kita semua tahu Ratna Sarumpaet baru ditangkap oleh kepolisian setelah tanggal 2 Oktober yaitu tanggal 4 Oktober 2018. Ini sangat janggal," kata Amien di Direktorat Krimum.

1. Surat panggilan jadi duluan Amien: apakah ini kriminalisasi?

Amien: Ratna Ditangkap 4 Oktober, Surat Saya Tanggal 2, Ini Janggal!IDN Times/Irfan Fathurohman

Ia menuturkan, pada saat itu Ratna belum memberikan keterangan apapun kepada kepolisian. Amien heran mengapa surat itu terbit terlebih dulu.

"Kok surat panggilan saya sudah jadi duluan. Apakah ini upaya kriminalisasi? Wallahualam,” ujarnya.

2. Amien nilai polisi alergi nama ‘Muhammad’

Amien: Ratna Ditangkap 4 Oktober, Surat Saya Tanggal 2, Ini Janggal!IDN Times/Irfan Fathurohman

Ia juga menyoroti nama dirinya yang tercantum dalam surat panggilan. Dalam surat itu tertulis "Amien Rais". Sementara, kata dia, nama lengkapnya adalah Muhammad Amien Rais.

"Jadi kami sudah mengingatkan soal nama ini. Kenapa nama Muhammad enggak ditulis apakah alergi terhadap nama Muhammad?" kata dia.

3. Amien minta Tito Karnavian dicopot sebagai Kapolri

Amien: Ratna Ditangkap 4 Oktober, Surat Saya Tanggal 2, Ini Janggal!IDN Times/Irfan Fathurohman

Amien Rais juga menepati janjinya untuk memberi kejutan yang akan menarik perhatian masyarakat. Yang jadi kejutan Amien Rais ada pada poin ke tiga yang ia sampaikan di depan Direktorat Krimum. Ia meminta kepada Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo untuk segera copot Tito Karnavian sebagai Kapolri.

“Saya tahu Anda mau tahu soal KPK, saya minta kepada Pak Jokowi, supaya Bapak Kapolri Tito Karnavian segera dicopot,” ujar Amien Rais sambil memegang koran dengan judul ‘KPK Didesak Tuntaskan Dugaan Perusakan Barang Bukti’.

Baca Juga: Amien Rais Minta Presiden Jokowi Copot Tito Karnavian Sebagai Kapolri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya