Analisis Investigasi Bisa Berubah Jika CVR Lion Air Ditemukan

KNKT teruskan pencarian CVR pesawat Lion Air JT 610

Jakarta, IDN Times - Sejak tragedi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang sampai saat ini, Cockpit Voice Recorder (CVR) tak kunjung ditemukan.

Koordinator Investigasi Keselamatan Udara Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Oni Soerjo Wibowo mengatakan, analisis investigasi kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP bisa saja berbeda apabila kotak hitam kedua itu ditemukan, mengingat adanya data-data tambahan di dalamnya. 

"Bisa saja, jadi bisa saja analisis lain, semua kemungkinan ada. Tapi apa ada kemungkinan 'in line' dengan yang kita jalankan, bisa saja," kata Ony seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Kamis (29/11).

1. KNKT masih terus mencari CVR

Analisis Investigasi Bisa Berubah Jika CVR Lion Air DitemukanANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

KNKT masih akan melakukan pencarian CVR dengan menggunakan alat yang lebih canggih dari Johor, Malaysia. Ony menjelaskan kapal yang didatangkan tidak perlu menggunakan jangkar serta dilengkapi fasilitas ‘dynamic positioning’.

"Kalau kapal digoyang ombak ke kiri, kalau ingin tetap di lokasi itu akan kembali lagi, sehingga tidak perlu jangkar," katanya.

Baca Juga: Kemenhub Awasi Lion Air Jalankan Dua Rekomendasi KNKT

2. Penyelam dibekali alat khusus komunikasi

Analisis Investigasi Bisa Berubah Jika CVR Lion Air DitemukanANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Kedua, lanjut dia, untuk pencarian kali ini penyelam dibekali alat khusus komunikasi agar lebih presisi dalam pencarian target. 

"Fasilitasnya supaya penyelam bisa komunikasi secara live bisa lihat mereka sedang apa, perintahkan ambil ini itu," ucapnya.

3. Penyelam juga dibekali penyedot lumpur

Analisis Investigasi Bisa Berubah Jika CVR Lion Air DitemukanANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ketiga, yakni penyedot lumpur untuk mencari CVR yang kemungkinan besar terpendam di dalamnya. 

"Kalau disapu, debu naik dan pandangan jadi terbatas, makanya pakai penyedot lumpur, jadi lumpur disedot dipindahkan ke suatu tempat untuk ditampung, jadi kita lihat apa di situ. Syukur-syukur ketemu CVR," ujarnya.

4. KNKT ajukan perizinan teruskan pencarian CVR

Analisis Investigasi Bisa Berubah Jika CVR Lion Air Ditemukan(Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kepala Sub Komite Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo menambahkan saat ini kapal masih berada di Singapura serta harus mengambil alat-alat di Johor, Malaysia. 

"Kita sudah mengajukan proses perizinan berupa operasi di bawah air dan penutupan area di lokasi pencarian. Dua hal ini kita siapkan mudah-mudahan dalam waktu dekat terlaksana semua dan pencarian dimulai," kata dia..

Baca Juga: KNKT Klarifikasi Lion Air PK-LQP Laik Terbang Sejak dari Denpasar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya