Anies Baswedan: Kebutuhan APD Jakarta Naik Drastis, 10.000 Per Hari

Sebanyak 100 rumah sakit jadi tempat pasien COVID-19

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria, menggelar pertemuan bersama tim pengawas COVID-19 DPR RI, Kamis (16/4). Dalam pertemuan tersebut, Anies menyebut, kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) di DKI Jakarta saat ini mencapai 10 ribu per hari.

"Sampai dengan minggu lalu, kebutuhan APD kita itu sekitar 5 ribu per hari, sekarang kebutuhan itu sudah meningkat tidak lagi 5 ribu per hari, tapi sekarang sudah menjadi 10 ribu per hari,” kata Anies.

1. Kebutuhan APD meningkat karena aktivitas penanganan pasien COVID-19 hingga pemulasaraan

Anies Baswedan: Kebutuhan APD Jakarta Naik Drastis, 10.000 Per HariAnggota Polres Jombang memakai alat pelindung diri (APD). (IDN Times/Istimewa)

Anies menjelaskan, kebutuhan APD ini meningkat drastis karena bukan hanya tenaga medis di rumah sakit, tapi aktivitas tim Puskesmas, laboratorium, pemulasaraan, dan petugas ambulans.

“Jadi secara umum memang kebutuhan APD sejauh ini terpenuhi, tapi sebetulnya demand-nya meningkat signifikan, dan ke depan kita harus bersiap untuk kebutuhan APD lebih tinggi lagi dari pada sekarang," ujar dia.

Anies Baswedan: Kebutuhan APD Jakarta Naik Drastis, 10.000 Per Hari(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Perpanjang PSBB Jakarta, Anies Usul Operasional KRL Disetop Sementara

2. Sebanyak 100 rumah sakit jadi tempat pasien positif COVID-19

Anies Baswedan: Kebutuhan APD Jakarta Naik Drastis, 10.000 Per HariIlustrasi. Pasien Virus corona - Petugas berjalan ke arah mobil ambulans yang terparkir di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Anies menjelaskan, dari 190 rumah sakit di Jakarta, pasien positif virus corona dirawat di 100 rumah sakit.

“Yang merawat pasien dalam pengawasan 172 rumah sakit, dari 190," ujar dia.

3. Secara prinsip semua pasien COVID-19 diterima rumah sakit di Jakarta

Anies Baswedan: Kebutuhan APD Jakarta Naik Drastis, 10.000 Per HariInfografis dana COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Anies menjelaskan secara umum seluruh rumah sakit di Jakarta menerima pasien dengan keluhan COVID-19. Namun, warga yang datang ke rumah sakit umum dengan gejala virus corona akan dirujuk langsung ke rumah sakit resmi penanganan COVID-19.

"Bila mereka datang di rumah sakit khusus memang dengan gejala khusus tak diterima. Rumah sakit khusus itu, rumah sakit ibu dan anak. Maka otomatis diminta ke rumah sakit lain," kata dia.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Anies Baswedan: Tidak Disiplin PSBB, Makin Lama COVID-19 Selesai

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya