Antisipasi Lonjakan Kasus, Pangdam Jaya dan Kapolda Tinjau Wisma Atlet

Pemudik yang positif akan dibawa ke Wisma Atlet

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman meninjau dua Tower di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021).

Kedatangan Kapolda Metro dan Pangdam Jaya bertujuan sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus COVID-19 di wilayah Jakarta, pasca-ibur Lebaran 2021.

Peninjauan tersebut dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan, baik kapasitas ruangan, ketersediaan tempat tidur, sampai tenaga kesehatan dan personel pengamanan untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus positif COVID-19 di Ibu Kota.

"Kami cek bersama Kapolda, baik kesiapan personel tenaga medis, unsur pengamanan dan sarana prasarana yang disiapkan di sini. Sehingga bila terjadi lonjakan, kita sudah siap mengantisipasi," tutur Pangdam Jaya di Wisma Atlet Kemayoran.

Baca Juga: 1,5 Juta Pemudik Kembali ke Jabodetabek, Korlantas Perketat Arus Balik

1. Pangdam Jaya dan Kapolda Metro mengecek sarana di dua tower Wisma Atlet

Antisipasi Lonjakan Kasus, Pangdam Jaya dan Kapolda Tinjau Wisma AtletRumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Athif Aiman)

Dudung menjelaskan, lonjakan kasus positif COVID-19 harus diantisipasi dengan adanya arus balik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, yang diperkirakan sudah mulai hari ini.

Dalam tinjauannya, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro juga mengecek sarana dan prasarana. Selain itu, keduanya juga menemui pasien COVID-19 di Tower 5 dan 6 RSD Wisma Atlet.

"Saya bersama Kapolda mengecek Tower 5 dan 6 untuk melihat secara langsung pasien yang ada. Minimal kita memberikan dukungan moril kepada mereka agar cepat sembuh, imun semakin meningkat, apalagi mereka tidak melaksanakan Hari Raya," kata Dudung.

2. Kapolda Metro mengapresiasi personel keamanan di Wisma Atlet

Antisipasi Lonjakan Kasus, Pangdam Jaya dan Kapolda Tinjau Wisma AtletKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengapresiasi para personel, baik dari unsur TNI maupun Polri yang telah menjaga keamanan di lingkungan RSD Wisma Atlet Kemayoran.

"Kami berdua ingin merasakan bagaimana semangat yang Anda telah tunjukkan, sehingga menambah motivasi bagi kami. Jangankan mudik, meninggalkan rumah sakit pun tidak," tutur Fadil.

3. Sebanyak 929 orang dirawat di Wisma Atlet

Antisipasi Lonjakan Kasus, Pangdam Jaya dan Kapolda Tinjau Wisma AtletRumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Berdasarkan data dari Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahananan, jumlah pasien rawat inap terkonfirmasi positif di tower 4, 5, 6 dan 7 RSD Wisma Atlet Kemayoran per Senin (17/5/2021) sebanyak 929 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 444 pasien pria dan 485 pasien wanita. Jumlah pasien  ini tercatat berkurang 43 orang jika dibandingkan pada Minggu, 16 Mei 2021.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Mudik, Akses Tol Menuju Kota Bogor Direkayasa

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya