BAP Putri Direkayasa, Hakim: Luar Biasa Dibuat Berdasarkan Pesanan

Hakim menyampaikan saat sidang Ferdy Sambo dan Putri

Jakarta, IDN Times - Majelis Hakim merasa heran dengan laporan dugaan pelecehan seksual yang dialami Putri Candrawathi sewaktu awal bergulirnya perkara pembunuhan berencana Brigadir J. Alasannya, laporan dugaan pelecehan Putri disusun sesuai pesanan.

Ungkapan hakim itu dilontarkan dalam persidangan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, saat memeriksa saksi eks Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit.

"Luar biasa sekali berita acara interogasi dibuat berdasarkan pesanan seperti itu kan," kata Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2022).

Kepada Hakim, Ridwan mengaku sama sekali tidak mengetahui berita acara interogasi (BIP) atau berita acara pemeriksaan (BAP) kasus dugaan pelecehan Putri sudah dipesan  Ferdy Sambo.

"Iya (sudah dipesan), tetapi tidak tahu," ungkap Ridwan.

Ridwan menuturkan Sambo dalam laporan dugaan pelecehan seksual Putri berstatus sebagai saksi.

"(Ferdy Sambo) masuk sebagai saksi," ungkap Ridwan.

Sebelumnya, Ferdy Sambo disebut-sebut menyodorkan BAP istrinya, Putri Candrawathi terkait dugaan pelecehan yang dialaminya pada saat insiden Brigadir Yosua tewas di Duren Tiga pada 8 Juli 2022.

Keterangan itu diungkap eks Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit saat bersaksi dalam persidangan perkara pembunuhan berencana Brigadir Yosua dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2022).

Menurut Ridwan, BAP tersebut diserahkan oleh Wakil Kepala Detasemen Biro Paminal Polri AKBP Arif Rahman Arifin. Di dalam BAP tersebut, sudah dituliskan secara lengkap kronologi dugaan pelecehan yang dialami oleh Putri.

Selepas itu, Ridwan melaporkan hal tersebut ke eks Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Herdhi. Dia menyebut Putri sengaja diambil BAP karena diduga masih mengalami trauma pasca kejadian di Duren Tiga.

Baca Juga: BAP Setting-an Pelecehan Putri Diantarkan Langsung kepada Ferdy Sambo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya