Bareskrim Polri Gerebek Gudang Pakaian Bekas di Pasar Senen dan Bekasi

Bareskrim amankan ribuan bal pakaian bekas impor

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri bersama Tim dari Ditjen Bea Cukai menggerebek ruko di Pasar Senen Blok III Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Direktur Tipideksus Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, ruko yang digerebek disinyalisasi menjadi gudang penyimpanan pakaian bekas hasil impor.

"Penindakan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo kepada Pak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) terkait importasi pakaian bekas," ujar Whisnu Hermawan saat dihubungi.

Baca Juga: Terungkap! Ini Titik-Titik Rawan Masuknya Baju Bekas Impor Ilegal

1. Bareskrim temukan lebih dari seribu bal pakaian bekas

Bareskrim Polri Gerebek Gudang Pakaian Bekas di Pasar Senen dan BekasiDirektorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri bersama Tim dari Ditjen Bea Cukai menggerebek ruko di Pasar Senen Blok III Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Whisnu menjelaskan, di lokasi tersebut, tim melakukan penggeledahan di dua tempat. Dari sembilan ruko yang digerebek, tim mendapati 513 bal pakaian bekas.

Selain di sembilan ruko di Pasar Senen Blok III, Bareskrim Polri juga menggerebek gudang di Jalan Kramat Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Di lokasi tersebut ditemukan sekitar 600 balpres.

"Dengan pemilik gudang atas nama T, dan gudang tersebut disewakan kepada atas nama P," imbuhnya.

Baca Juga: Bea Cukai Tindak 234 Kasus Impor Baju Bekas Ilegal, Nilainya Rp24,21 M

2. Barekrim lakukan pengamanan dan penyitaan pakaian bekas

Bareskrim Polri Gerebek Gudang Pakaian Bekas di Pasar Senen dan BekasiPasar Senen (instagram.com/zaldimoto)

Setelah penggerebekan, kedua lokasi tersebut dipasangi garis polisi atau police line. Pihak kepolisian selanjutnya berkoordinasi dengan RW setempat.

"Saat ini untuk balpres yang kita temukan kita lakukan penyitaan," imbuhnya.

Baca Juga: Dilarang Jokowi, Lima Tempat Baju Bekas di Bandung Terancam Tutup

3. Bareskrim juga amankan 1.000 bal pakaian bekas di Bekasi

Bareskrim Polri Gerebek Gudang Pakaian Bekas di Pasar Senen dan BekasiDirektur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain di Pasar Senen, tim gabungan juga menggerebek dua gudang di Jalan Samudera Jaya, Bekasi. Di sana, polisi menyita 1.000 balpres dan gudang tersebut diberi police line.

“Selama Maret 2023, beberapa Polda bekerjasama dengan Bea Cukai setempat juga sudah melakukan penindakan terhadap importasi pakaian bekas ilegal ini dan melakukan penyitaan terhadap barang bukti yang ditemukan antara lain di Sumut, Kepri, Jakarta, Jatim, Kalbar dan Kaltara,” kata Whisnu.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya