Comscore Tracker

Bareskrim Sita Aset DNA PRO Rp307 Miliar, Ada Hotel dan 14 Mobil Mewah

Penyidik endus aliran dana ke Virgin Island

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri terus menelusuri aset kasus dugaan penipuan berkedok robot trading DNA PRO. Terkini, penyidik berhasil menyita aset senilai Rp307 miliar.

Dirtipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan menyebut, nilai aset tersebut terdiri dari uang tunai, hotel, rumah, hingga mobil mewah.

“Uang tunai kurang lebih Rp112,5 miliar, 5 miliar SGD, ada juga emas 20 kilogram, ada hotel di Jakarta Pusat, rumah, ada 14 mobil mewah, ada Ferrari, Alphard dan BMW, semua sudah kita sita,” ujar Whisnu dalam jumpa persnya, Jumat (27/5/2022).

1. 64 rekening diblokir, terdapat Rp105 miliar uang yang disita

Bareskrim Sita Aset DNA PRO Rp307 Miliar, Ada Hotel dan 14 Mobil MewahJanji Manis Robot DNA Pro (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, penyidik juga melakukan pemblokiran terhadap 64 rekening yang diduga dialiri hasil tindak pidana DNA PRO. Total uang yang berhasil diamankan ada Rp105 miliar.

“Kita melakukan pemblokiran rekening sebanyak 64 rekening dengan total uang kurang lebih Rp105,5 miliar,” ujar Whisnu.

Baca Juga: 3 Ribu Korban DNA PRO Telah Melapor, Kerugian Tembus Rp515 Miliar 

2. Whisnu memastikan aset yang disita akan terus bertambah

Bareskrim Sita Aset DNA PRO Rp307 Miliar, Ada Hotel dan 14 Mobil MewahBos DNA PRO, Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Whisnu memastikan, penyitaan aset ini belum berhenti sampai di sini. Penyidik bersama PPATK terus melakukan tracing aset di dalam dan luar negeri.

“Kami masih mencari informasi terkait dengan uang hasil kejahatan, dan ini akan masih terus bertambah, ini akan bertambah terus seiring dengan waktu, karena teman-teman dari PPATK pun tim dari eksus melakukan tracing aset baik yang berupa benda bergerak atau uang bahkan hingga ke luar negeri,” ujar Whisnu.

Baca Juga: Bos DNA PRO Daniel Abe Minta Maaf: Saya Sudah Tanggung Jawab

3. Penyidik endus aliran dana ke Virgin Island

Bareskrim Sita Aset DNA PRO Rp307 Miliar, Ada Hotel dan 14 Mobil MewahTipu-Tipu DNA Pro (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Yuldi Yusman memjelaskan, penyidik mengendus aliran dana ke luar negeri. Namun demikian, ia belum merinci jumlah uang dan aset yang ada di luar negeri.

“Kalau untuk ke negara mana itu ada satu yang ke Virgin Island, tapi sudah kita dalami,” kata Whisnu.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya