Baru Tiba dari Jerman, Prabowo Utus Sandi Komunikasi ke Partai Koalisi

Bahas apa ya?

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto telah menugaskan Cawapresnya, Sandiaga Uno, untuk melakukan komunikasi politik dengan partai politik pendukungnya menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu dilakukan karena Prabowo masih berada di Jerman.

“Jadi begini, karena Pak Prabowo baru tiba hari ini dari Jerman, jadi Bang Sandi ditugaskan Pak Prabowo melakukan komunikasi, konsolidasi dengan tokoh partai,” kata Dahnil di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (26/6).

1. Sandiaga menggelar pertemuan bersama PAN

Baru Tiba dari Jerman, Prabowo Utus Sandi Komunikasi ke Partai KoalisiIDN Times/Irfan Fathurohman

Sandiaga bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Keduanya membahas perkembangan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Momen pertemuan Sandiaga dan Zulkifli diunggah di akun Instagram @sandiuno, Rabu (26/6). Zulkifli ditemani Sekjen PAN Eddy Soeparno, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi, hingga Ketua DPP PAN Yandri Susanto.

“Malam ini di kediaman, saya kedatangan para pimpinan Partai Amanat Nasional (PAN), salah satu partai Koalisi Adil Makmur, di antaranya Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekjen Eddy Soeparno. Pertemuan kami pada malam hari ini semata-mata ialah untuk saling berkoordinasi, saling update dan bertukar pikiran. Kami percaya bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia. Meski harus menempuh banyak rintangan, kami optimis akan menggapai hasil yang baik," tulis Sandiaga.

Baca Juga: Prabowo Merapat ke Jokowi? Bisa Timbul Efek Samping

2. Prabowo dan Sandiaga akan mengambil keputusan bersama parpol koalisinya

Baru Tiba dari Jerman, Prabowo Utus Sandi Komunikasi ke Partai KoalisiArtikel IDN Times/Arief

Komunikasi politik dengan parpol koalisi dilakukan untuk mengambil langkah-langkah setelah pengumuman putusan. Dahnil menyebut itu adalah bentuk kesolidan Prabowo yang menurutnya tidak pernah ada rekam jejak mengkhianati teman.

“Pak Prabowo tidak ada rekam jejak menghianati teman, rekam jejak menghianati rekan koalisi. Yang ada justru sebaliknya. Yang jelas apakah nanti Pak Prabowo akan menang diumumkan oleh MK atau sebaliknya, Pak Prabowo akan bicara dengan teman koalisi lainnya,” ujar Dahnil.

3. Sandiaga dirangkul Zulkifli untuk masuk koalisi 01?

Baru Tiba dari Jerman, Prabowo Utus Sandi Komunikasi ke Partai KoalisiIDN Times/Irfan fathurohman

Dahnil tidak mampu memastikan kesetiaan Sandiaga di Koalisi Indonesia Adil Makmur, seandainya putusan MK memenangkan Jokowi-Ma’ruf. “Sampai detik terakhir saya bertemu Bang Sandi kemarin, Bang Sandi belum memikirkan hal itu,” ujar dia.

“Bang Sandi fokus ingin MK ini, kita lihat besok, yang jelas Bang Sandi akan mendengar masukan dari semua pihak. Terutama dari pendukung, emak-emak, partai politik, relawan, dan sebagainya. Kita akan mendengar masukan dari semua,” kata dia.

4. BPN usul rekonsiliasi dilakukan pemerintah dan rakyat

Baru Tiba dari Jerman, Prabowo Utus Sandi Komunikasi ke Partai KoalisiIDN Times/Irfan Fathurohman

Terkait rekonsiliasi, Dahnil mengaku keberatan jika dilakukan Prabowo dan pemerintah. Menurut dia rekonsiliasi lebih tepat dilakukan pemerintah kepada rakyat.

“Saya keberatan dengan diksi rekonsiliasi, bagi saya, pilpres ini adalah kompetisi biasa, yang kalah, ya mau jadi opisisi bisa, mau gabung bisa, yang menang berkuasa, itu hal biasa, tidak ada konflik di situ. Kalau pun harus rekonsiliasi, maka yang tepat itu adalah rekonsiliasi yang berkuasa pemerintah dengan rakyat, terutama rakyat yang merasa dirugikan,” ucap Dahnil.

Baca Juga: Prabowo-Sandiaga Siap Menang atau Kalah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya