Comscore Tracker

Bertemu Ketum Golkar, Prabowo: Kami Ingin Demokrasi Semarak tapi Sejuk

Gerindra-Golkar akan berkoalisi di beberapa daerah

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, tak mempermasalahkan adanya perbedaan sudut pandang antara partainya dengan Partai Gerindra pada beberapa daerah di Pilkada 2020.

"Perbedaan dalam Pilkada sesuatu normal dan wajar-wajar saja. Tapi kita semua sepakat mendukung dan menjaga persahabatan, NKRI, dan berjuang demi kemajuan indonesia," kata Airlangga berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Senin (6/7/2020).

1. Airlangga akan menjaga komunikasi dengan Prabowo

Bertemu Ketum Golkar, Prabowo: Kami Ingin Demokrasi Semarak tapi SejukKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (6/7/2020) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Airlangga mengatakan dirinya akan terus melakukan komunikasi berkala dengan Prabowo. Hal itu dilakukan guna menjaga persamaan antara kedua partai yang sudah terjalin untuk koalisi di Pilkada.

"Jadi lebih banyak persamaan dan perbedaan. Ini akan terus kami jaga, kami akan berkomunikasi secara periodik. Di kabinet kami bicara cukup sering, tapi di sini antar Fraksi Golkar dan Fraksi Gerindra silaturahmi selama ini sangat lancar," ujar dia.

2. Gerindra dan Golkar siap berkoalisi

Bertemu Ketum Golkar, Prabowo: Kami Ingin Demokrasi Semarak tapi SejukKunjungan Airlangga Hartarto ke Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (6/7/2020) (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan pihaknya sepakat berkoalsi dengan Golkar untuk beberapa daerah di Pilkada serentak 2020. Hal diungkapkan Prabowo usai menyambut Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Tadi kami menukar pandangan membahas beberapa hal menyangkut kebangsaan, lingkungan, strategis, sampai dengan kemungkinan-kemungkinan yang di depan kita bagaimana kerja sama Golkar dan Gerindra khususnya di pilkada-pilkada tertentu. Di beberapa tempat kami cocok, di beberapa tempat kami setuju untuk berbeda," kata Prabowo.

3. Gerindra-Golkar berkomitmen menjaga persatuan

Bertemu Ketum Golkar, Prabowo: Kami Ingin Demokrasi Semarak tapi SejukKunjungan Airlangga Hartarto ke Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (6/7/2020) (Dok. IDN Times/Istimewa)

Meski koalisi Golkar-Gerindra tidak berlangsung di setiap daerah, namun Prabowo mengatakan hal tersebut tidak akan mengurangi komitmen kedua partai untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ini demokrasi yang penuh kekeluargaan, persaingan, perbedaan. Tapi di ujung kita semua komit terhadap persatuan bangsa dan kepentingan bangsa, negara dan rakyat. Jadi kita ingin demokrasi kita nanti semarak tapi sejuk," ujar Prabowo.

Baca Juga: Gerindra-Golkar Koalisi Pilkada, Prabowo: Beberapa Tempat Kita Cocok

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya