Bikin Bingung, Polri Akan Ubah Seragam Satpam Jadi Warga Krem

Krem akan jadi warna seragam Satpam, dikenalkan 31 Januari

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan kembali mengubah warna seragam satuan pengamanan (Satpam) menjadi warna krem. Hal tersebut dilakukan karena warna cokelat muda dinilai mirip dengan seragam polisi dan bikin bingung masyarakat.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan perubahan wana ini merupakan atensi masyarakat yang mengaku sulit membedakan satpam dengan polisi.

“Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” ujar Ramadhan saat dihubungi, Jumat (14/1/2022).

1. Satpam harus memiliki identitas tersendiri

Bikin Bingung, Polri Akan Ubah Seragam Satpam Jadi Warga KremIlustrasi Satpam (Instagram.com/info.satpam.ri)

Ramadhan menjelaskan, Satpam merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, diperlukan identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi pembinanya.

“Dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” ujar Ramadhan.

Baca Juga: Kronologi Satpam Intip Mahasiswi Program Kampus Merdeka di Toilet UNM

2. Warna baru seragam Satpam akan diperkenalkan di HUT Satpam ke-41

Bikin Bingung, Polri Akan Ubah Seragam Satpam Jadi Warga KremSeragam satpam kini mirip pakaian dinas polri (Dok. IDN Times/Istimewa)

Perubahan warna seragam ini nantinya akan diperkenalkan saat momen hari ulang tahun (HUT) ke-41 Satpam pada akhir Januari 2022.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar HUT Satpam ke-41 dan pada saat HUT tersebut, akan diperkenalkan (seragam baru),” ujar Ramadhan.

3. Polri pastikan tidak ada yang berubah dari atribut Satpam

Bikin Bingung, Polri Akan Ubah Seragam Satpam Jadi Warga KremKaro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ramadhan memastikan, perubahan seragam hanya berlaku pada baju yang dikenakan. Sementara, atribut yang terpasang di seragam Satpam tidak akan berubah.

“Ini yang akan dikaji adalah baju. Bajunya saja itu rencananya akan diganti warnanya lebih muda dari baju anggota Polri,” ujar dia.

Baca Juga: Akhir Januari 2022, Polri Ubah Satgas Nemangkawi Jadi Damai Cartenz 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya