Blusukan ke Pasar Lampung, Jokowi: Tempe Cuma Rp 3.000

Jokowi borong tempe di Pasar Smep, Lampung.

Jakarta, IDN Times - Giliran Calon Presiden petahana Joko ‘Jokowi’ Widodo yang blusukan ke pasar. Dalam kunjungannya, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan harga-harga kebutuhan pokok stabil di Pasar Gintung dan Pasar Smep, Tanjung Karang, Lampung. Di agendanya itu, Jokowi juga ikut serta jalan sehat bersama masyarakat.
  
"Biasa, lihat harga-harga. Di sini lebih murah tadi. Cabe lebih murah, tempe hanya Rp 3.000," kata Jokowi seperti dilansir dari Kantor Berita ANTARA, Sabtu (24/11).

1. Menurut Jokowi harga sayur murah

Blusukan ke Pasar Lampung, Jokowi: Tempe Cuma Rp 3.000unsplash.com/@danielcgold

Baca Juga: [FOTO] Gaya Jokowi Blusukan ke Pasar dengan Motor Custom

Berbeda dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno, yang hampir setiap blusukan-nya pasti dicurhati pedagang dengan harga yang tak stabil dan malah lebih mahal. Tapi dari hasil blusukannya, menurut Jokowi, harga sayur lebih murah, dia mendapatkan harga satu ikat bayam atau pun kangkung yakni Rp 1.500 sampai Rp 2.000.

2. Jokowi borong 50 papan tempe

Blusukan ke Pasar Lampung, Jokowi: Tempe Cuma Rp 3.000

Sementara itu, penjual tempe di Pasar Gintung, Gun (41), mengatakan bahwa Jokowi membeli 50 papan tempe seharga Rp 100.000.
  
Gun menyampaikan harga kedelai saat ini Rp 7.500 per kilogram.
  
"Ya kalau bisa pedagang-pedagang seperti kita ini diutamakan. Untuk harga bahan baku juga distabilkan," kata Gun.

3. Jokowi juga beli cabe, tomat, dan kangkung

Blusukan ke Pasar Lampung, Jokowi: Tempe Cuma Rp 3.000Twitter/@KSPgoid

Dalam blusukan-nya, Jokowi juga menghampiri sejumlah lapak pedagang. Beberapa lapak yang dihampiri Calon Presiden nomor urut 1 ini adalah lapak penjual tempe dan tahu, lapak sayur, serta lapak cabe dan bawang.
  
Jokowi membeli beberapa produk antara lain tempe, 2 kilogram cabe hijau, 2 kilogram tomat, dan 4 ikat kangkung.

4. Jokowi diajak pedagang melihat pembangunan pasar yang terkendala sejak 2013

Blusukan ke Pasar Lampung, Jokowi: Tempe Cuma Rp 3.000Lampost.co

Setelah blusukan harga, Jokowi juga diajak pedagang Pasar Smep untuk melihat permasalahan yang ada di tempat itu yakni pembangunan pasar yang tidak selesai.
  
Wakil Ketua Perhimpunan Pasar Smep, Sarbini, menyampaikan permasalahan terkait pembangunan pasar yang terkendala sejak 2013, yang membuat pedagang terpaksa berjualan di pinggiran jalan.

5. Jokowi ikuti jalan sehat

Blusukan ke Pasar Lampung, Jokowi: Tempe Cuma Rp 3.000lampungpro.com

Jokowi juga menemui masyarakat saat jalan sehat bertajuk “Sehat Bersama #01JokowiLagi” yang mengambil start-finish di Tugu Adipura, Kota Bandar Lampung. 

“Saya pikir kan tadi 10 kilometer, ternyata 1,5 kilometer. Cukup berkeringat, tadi kan pagi sudah ke pasar, 06.30 tadi," jelas Jokowi. Selanjutnya, Jokowi menghadiri Rakerda Tim Kampanye Daerah dan konsolidasi caleg yang akan dihadiri 2.000 orang.

Baca Juga: Jokowi Blusukan Lagi ke Pasar Tradisional, Begini Kata Sandiaga

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya