BPN Prabowo-Sandiaga Kumpulkan Dana Kampanye Rp213,2 Miliar

Wow, sumbangan masyarakat sentuh Rp9,3 miliar

Jakarta, IDN Times - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Pilpres 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Ruang Sumba Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, (2/5).

Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Bendahara Umum BPN Thomas Djiwandono dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno.

1. Dana kampanye yang berhasil dikumpulkan BPN Rp213,2 miliar

BPN Prabowo-Sandiaga Kumpulkan Dana Kampanye Rp213,2 MiliarIDN Times/Irfan fathurohman

Thomas mengungkapkan, dana kampanye yang berhasil dikumpulkan oleh BPN berjumlah Rp213,2 miliar dan tercatat sebagai dana penerimaan.

“Dari total penerimaan tersebut, pengeluaran kami di angka Rp210,7 miliar rupiah," kata Thomas.

2. Sumbangan masyarakat sentuh angka hingga Rp9,3 miliar

BPN Prabowo-Sandiaga Kumpulkan Dana Kampanye Rp213,2 MiliarIDN Times/Irfan fathurohman

Thomas menguraikan, penerimaan yang paling besar berasal dari pasangan calon sebesar Rp192,5 miliar. Sementara itu ada sumbangan perseorangan Rp9,3 miliar, sumbangan kelompok Rp1,1 miliar dan sumbangan gabungan partai politik Rp4,8 miliar.

"Ini banyak sumbangan dari masyarakat, angkanya Rp9,3 miliar, kami berterima kasih sekali kepada masyarakat yang sudah membantu," ucap Thomas.

Baca Juga: TKN Laporkan Pelanggaran Pemilu, Sandiaga: Kecurangan di Kedua Kubu

3. Pengeluaran paling banyak untuk alat peraga kampanye

BPN Prabowo-Sandiaga Kumpulkan Dana Kampanye Rp213,2 MiliarANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Thomas juga menjelaskan, dari jumlah tersebut, pengeluaran terbesar BPN dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan alat peraga kampanye (APK) sebesar Rp60,8 miliar.

Setelah itu rapat umum Rp33,7 miliar, pertemuan tatap muka Rp21 miliar, pertemuan terbatas Rp5,3 miliar, pembuatan desain alat peraga Rp8,8 miliar, dan kegiatan lain Rp40,96 miliar.

4. Penyerahan LPPDK ke KPU menurut Sandiaga adalah komitmen BPN untuk transparan

BPN Prabowo-Sandiaga Kumpulkan Dana Kampanye Rp213,2 MiliarIDN Times/Irfan fathurohman

Sementara itu, calon wakil presiden Sandiaga Uno mengatakan, penyerahan LPPDK kepada KPU ini merupakan komitmen paslon nomor urut 02 dalam mewujudkan kontestasi demokrasi yang transparan, akuntabel dan terang benderang.

"Sesuai dengan komitmen kami, kami ingin mengikuti sebuah proses kontestasi demokrasi yang transparan, akuntabel, dan terang-benderang. Kami memastikan setiap bulan kami melaporkan dana kampanye kami walaupun tidak diharuskan oleh peraturan perundang-undangan oleh KPU. Hari ini kami menyerahkan laporan akhir dana kampanye kami," kata Sandiaga.

Baca Juga: Pertemuan AHY-Jokowi Tak Diketahui Demokrat dan Sandiaga

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya