Comscore Tracker

[BREAKING] DPR Secara Aklamasi Pilih Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK

Firli mendapat suara penuh dari semua anggota komisi III

Jakarta, IDN Times - Tak butuh waktu lama bagi anggota komisi III DPR menentukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai melakukan voting pada Jumat dini hari (13/9). Semua anggota komisi III sepakat memilih Kapolda Sumatera Selatan, Irjen (Pol) Firli Bahuri sebagai ketua baru komisi antirasuah periode 2019-2023. 

"Bisa kita sepakati ya kalau ketua Firli Bahuri?," tanya Ketua Komisi III, Azis Syamsuddin yang memimpin rapat voting dini hari ini. 

Proses voting dilakukan usai digelar fit and proper test pada 11 dan 12 September. Yang unik, selain memperoleh suara tertinggi, semua anggota komisi III ternyata memberikan restunya bagi mantan Kapolda NTB itu. Padahal, menurut KPK, ia memiliki rekam jejak kelam. 

"Kami memilih Pak Firli selain ia memiliki karakter yang kami cari juga karena selama ini ia dibully. Tetapi, saat proses fit and proper test berhasil membuktikan sebaliknya," kata dia lagi. 

Sementara, menurut anggota komisi III dari fraksi Demokrat, Erma Suryani Ranik, mengatakan ini lah komposisi terbaik yang dihasilkan dari proses seleksi capim komisi antirasuah. 

"Meski tidak ada aturannya di dalam Undang-Undang, namun siapa pun yang meraih suara terbanyak dia yang ditunjuk jadi ketua KPK. Yang penting ada kesepakatan dan komposisi ini sudah yang paling baik menurut kami, ada akademisi, ada keterwakilan perempuan, ada hakim dan polisi," tutur dia. 

Berikut susunan pimpinan baru KPK yang akan memimpin pada periode 2019-2023:

1. Nawawi Pomolango (Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar):  50 suara

2. Lili Pintauli Siregar (advokat dan Wakil Ketua LPSK): 44 suara

3. Alexander Marwata (komisioner aktif KPK): 53 suara

4. Firli Bahuri (Polri): 56 suara terpilih jadi Ketua KPK

5. Nurul Ghufron (Akademisi): 51 suara

Ikuti terus pemberitaan mengenai pemilihan baru pimpinan KPK hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: [BREAKING] Ini Lima Pimpinan Baru KPK Periode 2019-2023

Topic:

  • Santi Dewi
  • Wendy Novianto

Just For You