[BREAKING] Ini Lima Pimpinan KPK Baru Periode 2019-2023

Lima pimpinan itu dipilih melalui proses voting di DPR

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR akhirnya memilih lima pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat dini hari (13/9). Lima nama ini dipilih usai menilai hasil uji wawancara kepatutan dan kelayakan yang berlangsung di DPR pada 11 dan 12 September. 

Anggota komisi III tidak mau menunggu lama untuk memutuskan dan berdiskusi. Usai capim terakhir yakni Robby Arya menjalani fit and proper test, anggota komisi III langsung melakukan voting untuk memilih pimpinan baru KPK. Voting berlangsung dua tahap yakni untuk memilih lima pimpinan KPK dan satu orang ketua komisi antirasuah. 

Sejak awal proses seleksi capim komisi antirasuah sudah menuai kontroversi, lantaran diduga sudah ada kepentingan agar kandidat tertentu yang terpilih. Sementara, rekam jejak yang diserahkan ke pansel dari masyarakat sipil dan KPK, tidak digubris oleh pansel maupun Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Berikut adalah lima nama pimpinan baru KPK dan latar belakangnya: 

1. Nawawi Pomolango (Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar):  50 suara

2. Lili Pintauli Siregar (advokat dan Wakil Ketua LPSK): 44 suara

3. Alexander Marwata (komisioner aktif KPK): 53 suara

4. Firli Bahuri (Polri): 56 suara

5. Nurul Ghufron (Akademisi): 51 suara

"Bisa kita sepakati kelima nama ini? Kalau begitu kita akan skors lima menit untuk menentukan barang kali ada titik temu yang nanti menjadi ketua (KPK)," ujar Ketua Komisi III, Azis Syamsuddin di gedung DPR. 

Anggota komisi III DPR akan berunding dulu untuk memilih siapa dari lima orang itu yang menjadi Ketua KPK. Dari lima nama itu, kira-kira siapa ya yang menjadi pimpinan komisi antirasuah? 

[BREAKING] Ini Lima Pimpinan KPK Baru Periode 2019-2023(Profil 10 capim KPK) IDN Times/Muhammad Arief

Baca Juga: [BREAKING] Komisi III Gelar Voting Pimpinan Baru KPK 2019-2023

Topik:

  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya