[BREAKING] Pesawat Pembawa Alkes dari Tiongkok Mendarat di Halim

Pesawat Hercules berangkat pada Sabtu, 21 Maret 2020

Jakarta, IDN Times - Pesawat TNI C-130 Hercules yang membawa alat kesehatan dari Shanghai, Tiongkok tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3). Berdasarkan pantauan live streaming Metro TV, pesawat mendarat sekitar pukul 11.00 WIB.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Menhan Prabowo, Wakil Menhan Sakti Wahyu Trenggono, Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto, dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo akan menerima alat kesehatan itu dan untuk selanjutnya logistik medis akan didistribusikan kepada tim penanganan medis virus corona COVID-19.

“Iya, Pak Prabowo dan jajaran yang menerima langsung,” kata Dahnil saat dikonfirmasi, Senin (23/3).

Sebelumnya, dalam keterangan yang diterima, Pesawat Hercules yang berangkat pada Sabtu, 21 Maret 2020, bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh dan mendarat di Bandara Pudong-Shanghai, Tiongkok, Minggu malam waktu setempat. 

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut dua kali short stop (transit) yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan, untuk melakukan pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai.

Kru pesawat Hercules yang dipimpin oleh Letkol Suryo berjumlah 18 orang, menggunakan prosedur kesehatan dengan memakai Alat Pelindung Diri sehingga tidak tertular virus corona

Keberangkatan pesawat Hercules milik TNI AU tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan virus corona di Indonesia . 

Adapun alat-alat kesehatan tersebut berupa disposable masks, masker N95, protective  clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. Peralatan kesehatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah RI  dan Pemerintah Tiongkok.

Baca Juga: Ngeri! Penumpang Masih Berdesakan di KRL di Tengah Wabah Virus Corona

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya