Comscore Tracker

Briptu Mario Gugur Diserang KKB, Polda Papua Kirim Brimob ke Oksamol

Polda Papua akan tempatkan 5-15 personel di setiap pos

Jakarta, IDN Times - Polda Papua mengirim personel Brimob ke Oksamol pascagugurnya Kepala Kantor Polisi Sub Sektor Oksamol, Briptu Mario Sanoy yang diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di dalam posnya, Jumat (28/5/2021).

Selain Oksamol, Polda Papua juga mengirimkan personel Brimob ke Kabupaten Pegunungan Bintang, perbatasan RI dan PNG.

"Untuk sementara ini, polisi umum tidak ditempatkan di kawasan itu," kata Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri saat dihubungi, Selasa (1/6/2021).

1. Polda Papua akan tempatkan 5-15 personel di setiap pos

Briptu Mario Gugur Diserang KKB, Polda Papua Kirim Brimob ke OksamolPetugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada anggota polisi di Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Hmspolresppu)

Mathius menjelaskan, saat ini satu regu Brimob dari Kotaraja sudah berada di Oksamol. Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan menambah personel untuk mengamankan Polsubsektor Oksamol sekaligus melakukan pengejaran terhadap pelaku.
 
Hingga kini, kepolisian masi terus menyelidiki kelompok yang melakukan penyerangan dan penembakan hingga menewaskan Briptu Mario Sanoy.
 
 "Penempatan personel di daerah rawan gangguan keamanan harus berkisar 5-15 personel sehingga ada body system," ujar dia.

Baca Juga: KKB Serang Pos Polisi Oksamol Papua, 1 Polisi Gugur

2. Briptu Mario diserang 6 anggota KKB

Briptu Mario Gugur Diserang KKB, Polda Papua Kirim Brimob ke OksamolKasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Al Qudussy. (dok. Pribadi/M. Iqbal Al Qudussy)

Sebelumnya, Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy mengatakan, Pos Polisi Oksamol diserang oleh enam orang KKB pada pukul 01.00 WIT.

Dalam peristiwa itu warga sempat melihat ada enam orang dari Distrik Kiwirok yang masuk ke Distrik Oksamol dan telah memantau pos polisi.

Selain menewaskan Briptu Mario, para penyerang juga merampas tiga pucuk senjata api beserta amunisi.

3. TPNPB-OPM menyatakan bertanggung jawab terhadap kematian Briptu Mario

Briptu Mario Gugur Diserang KKB, Polda Papua Kirim Brimob ke OksamolTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Juru Bicara (Jubir) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengatakan, pihaknya bertanggung jawab atas penembakan yang terjadi pada Briptu Mario.

"Mereka telah berhasil tembak mati Kapolsek Oksamol dan berhasil rampas dua pucuk senjata api laras panjang standard, serta satu pistol," tulis dia dalam keterangannya kepada IDN Times, Minggu (30/5/2021).

Sebby mengklaim TPNPB menjadi dalang penembakan tersebut, yang dilakukan di bawah komando Lamek Taplo.

Sebby juga mengatakan kondisi di lapangan hanya terdapat satu jalan. Jalan tersebut hanya dapat diakses lewat udara atau pesawat, karena sulit dilalui melalui jalur darat.

Baca Juga: Polri Ajak KKB Turun dari Gunung untuk Berdialog Membangun Papua

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya