Buru Pembakar Bendera Indonesia, Polri Libatkan Kemenlu dan Interpol 

AK merupakan warga Aceh yang bekerja di Malaysia #viral

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan polisi masih memburu AK, pembakar bendera Indonesia yang viral di TikTok dengan akun @Aldi622.

Polri akan bekerja sama dengan dengan Kementerian Luar Negeri, Kominfo dan juga interpol untuk menelusuri keberadaan AK.

“Tentunya kita akan menyelesaikan kasus seperti ini, karena ini menyangkut yurisdiksi daripada Malaysia tentunya kita akan berkoordinasi dan tentunya juga Polri akan selesaikan masalah ini secara tepat dan tuntas,” ujar Rusdi di Kantor Humas Polri, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

1. AK sedang bekerja di Malaysia

Buru Pembakar Bendera Indonesia, Polri Libatkan Kemenlu dan Interpol Seorang penjual merapikan bendera di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Rusdi menjelaskan, Polri kini telah mengantongi identitas AK yang diduga merupakan Warga Negara Indonesia asal Aceh. Keberadaan AK disinyalir sedang di Malaysia.

“Sementara yang bersangkutan ini sedang bekerja di Malaysia,” ujar Rusdi.

Sebelumnya, sebuah video pendek menampilkan seorang pria membakar selembar bendera merah putih viral di media sosial. Pantauan IDN Times, video berdurasi 16 detik tersebut diunggah akun Instagram, @infoanda, pada Sabtu (30/1/2011) dengan keterangan, "ada abang jago nih."

Postingan itu juga menandai sejumlah akun lainnya, di antaranya, @divisihumaspolri.

Baca Juga: Viral Wanita Myanmar Senam Pakai Lagu Bang Jago, di Belakangnya Kudeta

2. Viral video pembakaran bendera Indonesia

Buru Pembakar Bendera Indonesia, Polri Libatkan Kemenlu dan Interpol Ilustrasi (IDN Times/Helmi Shemi)

Video pendek yang viral di media sosial itu, menampilkan seorang pria mengenakan baju kaos celana pendek berdiri di sebelah sebatang kayu yang telah diikat bendera Merah Putih.

Beberapa saat kemudian, pria itu menyiramkan cairan diduga minyak ke bendera Merah Putih yang sedang berkibar. Tak lama kemudian, ia menyulutkan api dari bawah hingga api pun berkobar dan melahap habis bendera tadi.

Video yang menggunakan musik berlatar lagu daerah Aceh, 'Panglima Prang' tersebut diduga pertama kali diunggah di aplikasi TikTok oleh akun @aldial266. Hal berdasarkan nama akun TikTok yang tertera di dalam video.

3. Netizen berang dengan aksi pembakaran bendera Merah Putih

Buru Pembakar Bendera Indonesia, Polri Libatkan Kemenlu dan Interpol Pedagang merapikan bendera merah putih yang dijualnya di Jl Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat, Selasa (4/8/2020) (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Video yang diunggah @infoanda, telah ditonton lebih 46 ribu dan mendapatkan respons hingga 520 lebih komentar.

Salah satu akun memberikan komentar jika pengguna akun TikTok terbilang labil.

"Msh labil, baru kenal tiktok jd bingung mau bikin konten yg berbeda, jd ya caper ke aparat biar di tangkap, dan ujung2nya hukuman cuma video klarifikasi," tulis akun @akhfzl_ di kolom komentar.

"Kayak bisa buat negara aja, main bakar kok sembarangan," komentar netizen dengan akun @flunvee.

Baca Juga: Viral! Bendera Merah Putih Dibakar, Polisi Aceh: Pelaku di Malaysia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya