Comscore Tracker

Cabut Kasus Penipuan Rp7,9 M, Polisi Panggil Pelapor Anak Akidi Tio

Anak Akidi Tio, Heryanty dilaporkan ke Polda Metro pada 2020

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan kembali memanggil Ju Bang Kioh, pelapor anak Akidi Tio, Heryanty Tio, terkait kasus penipuan yang terjadi di 2020.

Ju Bang Kioh akan diminta klarifikasinya tentang alasan mencabut laporan kasus tersebut. Mengingat Heryanty juga saat ini terlibat kasus dugaan penipuan dana donasi Rp2 triliun di Sumatera Selatan.

“Penyidik akan mengklarifikasi lagi pelapor, rencana akan kita undang untuk klarifikasi lagi, apa motif pelapor mencabut laporannya,” ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Anak Akidi Tio Pernah Dilaporkan atas Kasus Penipuan Tahun Lalu

1. Heryanty dilaporkan Ju Bang Kioh ke Polda Metro pada Februari 2020

Cabut Kasus Penipuan Rp7,9 M, Polisi Panggil Pelapor Anak Akidi TioKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Yusri membenarkan anak Akidi Tio, Heryanty Tio pernah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ju Bang Kioh atas kasus penipuan. 

Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/1025/II/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ, tanggal 14 Februari 2020.

“Bulan dua yang lalu tahun 2020, 14 Februari 2020, memang ada laporan ke Polda Metro, pelapornya adalah saudara JBK inisialnya, terlapor adalah saudara H,” kata Yusri.

Yusri menjelaskan, saat itu kasus Heryanty ini sudah naik ke tingkat penyidikan. Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya juga telah memanggil sejumlah saksi untuk mengusut laporan tersebut. Termasuk Ju Bang Kioh selaku pelapor.

Heryanty Tio selaku terlapor sudah pernah dipanggil oleh penyidik. Namun, yang bersangkutan tak memenuhi panggilan.

“Sehingga hasil gelar perkara sudah memenuhi unsur naik, persangkanya adalah penipuan dan penggelapan,” ujar Yusri.

2. Ju Bang Kioh investasi Rp7,9 miliar ke bisnis Heryanty

Cabut Kasus Penipuan Rp7,9 M, Polisi Panggil Pelapor Anak Akidi TioPolda Sumatera Selatan mendapat bantuan dana penanggulangan COVID-19 sebesar Rp2 triliun. Bantuan itu diberikan oleh keluarga almarhum Akidi Tio. (Dok. Humas Polri)

Yusri mengatakan, kasus penipuan ini bermula pada Desember 2018. Heryanty mengajak Ju Bang Kioh untuk berbisnis. Bisnis yang ditawarkan saat itu ada tiga macam, yaitu pengadaan songket, orderan AC, dan proyek interior.

“Totalnya semua sekitar Rp7,9 miliar sejak tahun 2018, tetapi terus berlanjut berjalan waktu, rupanya saudara pelapor terus menagih hasil yang dijanjikan saudara H, tetapi sampai awal 2020 janji itu tidak dipenuhi oleh terlapor,” ujar Yusri.

3. Heryanty cicil utang, Ju Bang Kioh cabut laporan

Cabut Kasus Penipuan Rp7,9 M, Polisi Panggil Pelapor Anak Akidi TioKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Merasa ditipu, Ju Bang Kioh akhirnya melaporkan Heryanty ke Polda Metro Jaya pada Februari 2020. Namun berdasarkan pemeriksaan, Ju Bang Kioh mengaku dari Rp7,9 miliar yang ditanam, sudah dikembalikan Rp1,3 miliarsecara bertahap kepada Ju Bang Kioh. 

“Tetapi sampai dengan terakhir pada saat kita lakukan pemanggilan pemeriksaan kepada saudara H, panggilan pertama, kedua tidak dihadiri, mau masuk ke panggilan tanggal 28 Juli yang lalu pelapor kemudian mencabut laporannya, dalam bentuk pengiriman surat untuk mencabut laporan terhadap saudara H,” ujar Yusri.

Baca Juga: Tokoh-Tokoh yang Bersuara soal Sumbangan Akidi Tio, Siapa Saja?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya