Comscore Tracker

Cegah Kerumunan, Polri Siap Amankan Massa 'Jokowi End Game' Tolak PPKM

Polri imbau masyarakat tak turun ke jalan tolak PPKM

Jakarta, IDN Times - Polri menegaskan bakal menindak tegas dengan menangkap massa aksi bertema ‘Jokowi End Game’. Aksi yang disebut untuk menolak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) itu akan digelar pada 24 Juli 2021.

Seruan aksi tersebut beredar luas di media sosial, agar masyarakat ramai-ramai turun ke jalan untuk menyuarakan penolakan PPKM. 

“Kalau memang dilakukan, mengganggu ketertiban umum ya kami amankan," kata  Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono lewat keterangan tertulisnya, Jumat (23/7/2021). 

1. Polri imbau masyarakat tidak ikut aksi

Cegah Kerumunan, Polri Siap Amankan Massa 'Jokowi End Game' Tolak PPKMANTARA FOTO/Gusti Tanati

Argo menjelaskan, penindakan secara tegas itu perlu dilakukan dalam upaya mengantisipasi potensi kerumunan massa. Sebab, hal tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan klaster baru COVID-19.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak ikut terprovokasi untuk turun ke jalan dan mengikuti aksi tersebut. 

“Kami berharap untuk tidak melakukan kerumunan karena situasi angka COVID-19 yang masih tinggi," kata Argo.

Baca Juga: Jokowi Sentil BNPB, Mendagri dan Polri soal Aturan PPKM Darurat

2. Polri usul penyampaian aspirasi dilakukan secara online

Cegah Kerumunan, Polri Siap Amankan Massa 'Jokowi End Game' Tolak PPKMANTARA FOTO/Novrian Arbi

Argo menegaskan Polri tidak menutup pintu demokrasi dengan mencegah aksi turun ke jalan untuk menyampaikan pendapat itu. Ia mengusulkan agar aksi dilakukan secara daring dalam bentuk focus group discussion (FGD).

“Bisa dilakukan dengan audiensi atau dilakukan dalam bentuk FGD online," ujar Argo. 

3. Beredar ajakan aksi ‘Jokowi End Game’ untuk tolak PPKM di media sosial

Cegah Kerumunan, Polri Siap Amankan Massa 'Jokowi End Game' Tolak PPKMPoster seruan aksi tolak PPKM tersebar luas di media sosial. (dok. IDN Times/Istimewa)

Diketahui, beredar di media sosial mengenai ajakan aksi tolak PPKM. Seruan tersebut salah satunya diunggah akun Instagram @bemunindrapgri. 

Aksi yang bertema ‘Jokowi End Game’ itu mengajak masyarakat longmarch dari kawasan Glodok sampai Istana Negara, Jakarta, pada 24 Juli 2021. 

Selain itu, ada tersebar juga di media sosial soal percakapan persiapan aksi serentak yang hendak dilakukan oleh elemen masyarakat sipil di Semarang dan beberapa wilayah lain. 

Disebutkan, aksi tersebut akan dilakukan selama berhari-hari dan tidak membawa suatu identitas golongan atau pun kelompok.

Baca Juga: Jokowi Diminta Cabut PP Statuta UI Versi Revisi, Ini Alasannya

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya