Comscore Tracker

Chuck Putranto Periksa CCTV Rumah Dinas, Ferdy Sambo: Itu Sudah Rusak

Usai Arif Rachman, Chuck kena semprot Ferdy Sambo soal CCTV

Jakarta, IDN Times - Nada bicara Ferdy Sambo seketika meninggi usai mendapat pertanyaan dari anak buahnya, Chuck Putranto, soal kamera CCTV di ruang makan yang berada di rumah dinasnya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Padahal, maksud dari pertanyaan Chuck itu untuk membuktikan peristiwa yang terjadi pada tanggal 8 Juli 2022, tepat saat Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat tewas.

Keterangan itu disampaikan Chuck saat hadir sebagai saksi dalam sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Yosua, Senin (28/11/2022). Total ada tiga terdakwa yang menjalani persidangan hari ini, yakni Bharada E atau Richard Eliezer, Kuat Maruf, dan Ricky Rizal.

Awalnya, majelis hakim bertanya pada Chuck, apakah pernah terlintas pikiran untuk membongkar CCTV yang ada di rumah Sambo. Chuck lantas merunut peristiwa ketika dia sampai di lokasi usai pelor senapan mendarat di beberapa bagian tubuh Yosua.

"Pernah tidak saudara berpikir untuk membongkar CCTV yang di Duren Tiga, di rumah?" tanya hakim di ruang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Untuk di Duren Tiga dalam rumah di hari Jumat tanggal 8 Juli saat saya datang ke TKP, kemudian ketemu Pak Ferdy Sambo," jawab Chuck.

Tiba di lokasi, Chuck diminta masuk ke dalam oleh Sambo. Saat itu, dia mendapati Richard sedang diperiksa beserta senjatanya.

Tidak berselang lama, eks Karo Paminal Divisi Propam Polri Hendra Kurniawan, tiba di lokasi. Chuck mengatakan, Hendra sempat berbicara dengan Ferdy Sambo di dalam rumah.

Chuck yang sempat keluar kemudian kembali masuk dan menyampaikan bahwa dia melihat ada CCTV di ruang makan yang mengarah ke bawah. Kepada Sambo, Chuck mengatakan bahwa CCTV itu bisa membuktikan peristiwa yang terjadi.

"Ini bagus untuk membuktikan peristiwa itu," kata Chuck kepada Sambo.

"Itu sudah rusak, nggak usah ditanya lagi," jawab Sambo.

Chuck akhirnya berlalu dan keluar dari dalam rumah lantaran Sambo menjawab dengan nada tinggi.

"Akhirnya, karena beliau dengan nada tinggi, saya langsung keluar," ucap Chuck.

Tidak sampai situ, Chuck kembali mendapati Sambo bicara dengan nada tinggi ketika DVR CCTV di rumah dinas diserahkan ke Polres Jakarta Selatan pada Minggu, 10 Juli 2022. Esoknya, Chuck dipanggil untuk menghadap ke ruang kerja Ferdy Sambo.

"Mana DVR CCTV?" tanya Sambo seperti ditirukan Chuck.

"DVR CCTV yang mana Jenderal?" jawab Chuck.

"DVR CCTV di sekitar rumah," ucap Sambo.

"Siap, saya sudah serahkan ke Polres Jakarta Selatan," jawab Chuck.

"Perintah siapa untuk diserahkan ke Polres Jakarta Selatan?" tanya Sambo dengan nada tinggi.

"Siap," ucap Chuck.

"Kamu ambil sekarang, kamu lihat dan kamu copy," perintah Sambo.

"Mohon izin Jenderal apakah tidak apa-apa untuk di-copy dan dilihat?" tanya Chuck.

"Jangan banyak tanya kamu, lakukan saja, kalau ada apa-apa saya yang bertanggung jawab," ujar Ferdy Sambo kala itu.

Baca Juga: Saksi: Chuck Putranto Perintahkan Ambil Barang Yosua di Rumah Sambo

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya