Dalami Unsur Pidana Pertamina Plumpang, Polri Periksa Ahli Migas

Polri sudah memeriksa 24 saksi kebakaran Plumpang

Jakarta, IDN Times - Tim investigasi gabungan dari Polri memeriksa saksi ahli minyak dan gas (Migas). Sebelumnya, tim investigasi gabungan telah memeriksa 24 saksi.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan, pemeriksaan terhadap ahli Migas itu dalam rangka mendalami unsur pidana.

"Saat ini penyidik Polda Metro Jaya masih meminta keterangan dari ahli migas. Hal ini untuk menentukan apakah peristiwa pelumpang tersebut termasuk force majeure (ketidaksengajaan) atau human error. Nanti hasilnya akan kami sampaikan kembali," ucap Ramadhan di Mabes Polri, Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Tunggu Waktu yang Tepat Bahas Relokasi Depo Plumpang

1. Kapolri klaim kantongi dugaan penyebab kebakaran

Dalami Unsur Pidana Pertamina Plumpang, Polri Periksa Ahli MigasDampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap pihaknya sudah mengantongi dugaan kuat yang menjadi penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Menurut Kapolri, pihaknya masih enggan untuk mengungkap penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang itu lantaran akan menyampaikannya secara komprehensif.

"Tentunya dugaan sudah ada namun demikian kita tidak bisa menjawab terburu-buru karena juga kita harus kumpulkan semuanya agar bisa membentuk satu kesimpulan agar bisa kita jelaskan," ujar Kapolri saat mengunjungi posko DVI post mortem RS Polri, Kramat Jati pada Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga: Begini Cerita Bos Pertamina soal Permukiman Warga Dekat Depo Plumpang

2. Kapolri dan Kabareskrim cek langsung TKP

Dalami Unsur Pidana Pertamina Plumpang, Polri Periksa Ahli MigasJarak depo Pertamina Plumpang dengan permukiman warga hanya 5 meter. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ia menyampaikan bahwa dugaan itu dipegang usai dirinya mengunjungi langsung Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

"Kita tadi sudah masuk ke TKP didampingi oleh Kabareskrim, Kapolda, tim gabungan dan juga tim dari Pertamina untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran," ungkap Kapolri.

Baca Juga: Depo Plumpang Tak Direlokasi, hanya Pindahkan Tangki BBM ke Area Baru

3. Polri menduga sumber api dari pemukiman warga

Dalami Unsur Pidana Pertamina Plumpang, Polri Periksa Ahli MigasKebakaran di Depo Pertamina Plumpang (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan pendalaman penyebab Depo Pertamina Plumpang bisa terbakar. Adapun sumber api bisa dari pemukiman warga atau dari Depo Pertamina Plumpang.

"Tentunya baik yang ada di dalam Depo maupun di pemukiman tentunya kan ada kebakaran juga sama sedang kami dalami, sumber apinya juga dari mana. Secara teknis tim sedang melaksanakan investigasi," ujarnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya