Comscore Tracker

Datangi Bareskrim soal Kasus Rizieq, Bima Arya: Gak Ada Urusan Politik

Bima Arya jadi saksi kasus swab tes Rizieq Shihab

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memenuhi panggilan Bareskrim Polri, Senin (18/1/2021). Bima dipanggil sebagai saksi terkait kasus swab tes Rizieq Shihab di Rumah Sakit Ummi, Bogor, Jawa Barat.

“Kita ingin tuntas juga sekaligus ingin menuntaskan kepada publik, biar publik itu clear, ini gak ada urusan politik, gak ada urusan apa-apa, ini murni untuk melaksanakan tugas sebagai kepala Satgas,” kata Bima di Bareskrim Polri, Jakarta.

Baca Juga: Rizieq Shihab Ditahan di Bareskrim, Kondisinya Disebut Mengkhawatirkan

1. Bima akan menjelaskan alasannya melaporkan Rizieq Shihab

Datangi Bareskrim soal Kasus Rizieq, Bima Arya: Gak Ada Urusan PolitikRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Bima mengaku akan menjelaskan alasannya melaporkan kasus Rizieq Shihab ke polisi.

“Saya akan menjelaskan barangkali kalau diperlukan kembali penguatan kronologis langkah-langkah dari Satgas, kenapa sampai kemudian kita melaporkan kasus ini ke kepolisian,” ujar politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

2. Bima membawa berkas terkait aturan Satgas COVID-19

Datangi Bareskrim soal Kasus Rizieq, Bima Arya: Gak Ada Urusan Politik(IDN Times/Kevin Handoko)

Bima menuturkan dirinya belum mengetahui secara pasti apa yang akan digali penyidik dalam perkara tersebut. Hanya saja, dia menduga pertanyaan penyidik nantinya tak akan jauh dari kronologi kejadian tersebut.

Ia juga mengaku telah menyiapkan berkas berupa aturan yang akan dijadikan dasar keterangan. “Termasuk landasan aturannya. Setiap langkah Satgas itu kan ada landasan aturannya agar tidak keluar dari koridor itu,” lanjut Bima.

3. Penyidik sudah menetapkan tiga tersangka terkait kasus Rizieq Shihab di RS Ummi

Datangi Bareskrim soal Kasus Rizieq, Bima Arya: Gak Ada Urusan Politik(IDN Times/Kevin Handoko)

Dalam perkara ini, penyidik kepolisian sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Mereka ialah Rizieq Shihab, menantu Rizieq Muhammad Hanif Alatas dan Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat.

Mereka  diduga telah menghambat kinerja Satgas COVID-19 dengan menutup-nutupi hasil swab tes Rizieq Shihab selama menjalani perawatan. Ketiganya dijerat dengan Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU No Tahun 1984. Ketiganya juga disangkakan Pasal 216 KUHP dan Pasal 14 serta Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946.

Baca Juga: Hari Ini Rizieq Shihab Dipindahkan ke Rutan Bareskrim Polri

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya