Debat Kelima, Prabowo-Sandiaga Akan Bahas Referendum Ekonomi

Prabowo-Sandiaga akan simulasi debat selama dua hari

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengatakan, debat kelima Pilpres 2019 mengangkat topik penting yang akan ia sampaikan bersama Prabowo Subianto. Topik itu adalah referendum ekonomi.

"Ini topik debat kelima sangat penting dan kami akan sampaikan referendum ekonomi. Topik terakhir ini akan membantu masyarakat yang belum menentukan pilihan secara mantap, untuk melihat diferensiasi Prabowo-Sandi untuk ekonomi rakyat," ujar Sandiaga di Resto Batik Kuring SCBD, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).

Baca Juga: Mengintip Elektabilitas Prabowo-Sandiaga dari Survei non-Mainstream

1. Sandiaga akan menonjolkan jebakan pertumbuhan 5 persen era Jokowi

Debat Kelima, Prabowo-Sandiaga Akan Bahas Referendum EkonomiIDN Times/Irfan fathurohman

Sandiaga mengatakan, Prabowo-Sandi akan memperjuangkan lapangan pekerjaan yang terbuka dengan langkah yang konkret. Ia menjanjikan stabilitas harga bahan pokok.

Sandiaga memastikan, debat kelima akan menonjolkan sisi jebakan pertumbuhan 5 persen yang kerap dibanggakan oleh pemerintah saat ini.

"Kami tonjolkan sisi di mana selama ini pemerintah terjebak dalam jebakan pertumbuhan 5 persen, karena ketidakmampuan untuk mereformasi secara struktural," kata Sandiaga.

2. Sandiaga targetkan pertumbuhan ekonomi sampai 6,5 persen

Debat Kelima, Prabowo-Sandiaga Akan Bahas Referendum EkonomiIDN Times/Irfan fathurohman

Prabowo-Sandiaga juga berkomitmen menghadirkan 6-6,5 persen dalam dua tahun pertama kepemimpinannya jika terpilih.

Untuk mencapainya, ujar Sandi, perlu ada reformasi struktural khusus di bidang industri, seperti pada sektor pertanian, manufaktur, dan perumahan rakyat.

3. Prabowo-Sandiaga akan simulasi debat selama dua hari

Debat Kelima, Prabowo-Sandiaga Akan Bahas Referendum EkonomiIDN Times/Irfan fathurohman

Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Sudirman Said menyebutkan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan melakukan simulasi dan mematangkan debat terakhir Pilpres 2019 pada 11-12 April 2019.

"Tanggal 11-12 April adalah hari untuk persiapan, masih ada tanggal 13 pagi juga kan," ujar Sudirman.

Dia menjelaskan, persiapan debat terakhir ini tidak terlalu berat karena Prabowo dan Sandiaga sudah tampil prima di debat-debat sebelumnya.

4. Prabowo-Sandiaga akan tetap berkampanye menjelang debat

Debat Kelima, Prabowo-Sandiaga Akan Bahas Referendum EkonomiANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sepanjang kampanye rapat umum yang masih digelar, menurut dia, Prabowo dan Sandiaga akan tetap mengunjungi daerah-daerah di Indonesia. Komunikasi keduanya pun dipastikan lancar.

"Pak Prabowo kan sudah debat tiga kali, Sandiaga juga sudah dua kali. Meskipun ada kesibukan kampanye, komunikasi untuk persiapan debat akan aman," kata Sudirman.

5. Sandiaga akan tetap berkoordinasi dengan Prabowo

Debat Kelima, Prabowo-Sandiaga Akan Bahas Referendum EkonomiIDN Times/Imam Rosidin

Namun begitu, Sandiaga menambahkan, ia akan tetap berkegiatan di daerah dan setiap malamnya akan pulang ke Jakarta. Saat di Jakarta, ia akan berkoordinasi dengan Prabowo untuk menyiapkan debat.

"Saya tetap berkegiatan di daerah tapi malamnya pulang ke Jakarta dan berkoordinasi dengan Prabowo. Kita juga sudah siapkan beberapa sesi untuk simulasi dan mengatur alur," papar Sandiaga.

Debat kelima Pilpres 2019 akan digelar pada Sabtu (13/4/2019). Debat akan mempertemukan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Tema yang diangkat dalam debat kelima adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Baca Juga: Kampanye di Solo, Prabowo: Sebentar Lagi Indonesia Menang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya