Comscore Tracker

Demokrat: Pertemuan Jokowi-SBY Bisa Kapan Saja

Bagaimana nasib AHY di Kabinet Kerja?

Jakarta, IDN Times - Pertemuan antara Presiden Joko “Jokowi” Widodo dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum dapat dipastikan, dan kemungkinan terjadi kapan saja pada Agustus ini.

"Pastinya kita tunggu saja tanggal bertemu nya. Karena kalau kita bicara Agustus, ada juga 17 Agustus saat mantan-mantan presiden datang ke Istana, kalau memang Pak SBY datang. Kalau kata Pak Syarief kan Agustus," kata Ketua DPP Partai Demokrat Jensen Sitindaon dilansir kantor berita Antara, Kamis (8/8).

Baca Juga: Dinilai Melindungi Anak Indonesia, Megawati dan SBY dapat Penghargaan 

1. Demokrat sudah lebih dulu melakukan pertemuan dengan Jokowi

Demokrat: Pertemuan Jokowi-SBY Bisa Kapan Sajaidn times/Teatrika Handiko P

Jensen mengatakan pertemuan antara Jokowi dengan SBY pasti akan diketahui publik jika terjadi. Menurut dia pertemuan elite politik seperti yang dilakukan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, harus diapresiasi dan merupakan langkah yang baik.

"Kami bersyukur Partai Demokrat sudah jauh lebih dulu melakukan itu, mendahului yang dilakukan Gerindra. Makanya itu bagus. Kami tidak ingin komentar lebih juga tentang itu," ujar dia.

2. Jokowi-SBY dikabarkan bertemu awal Agustus

Demokrat: Pertemuan Jokowi-SBY Bisa Kapan SajaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan SBY akan bertemu Jokowi pada awal Agustus 2019. SBY juga rencananya bersilaturahmi dengan ketua umum partai politik.

Meski detail waktu pertemuan belum ditentukan, kata Jensen, banyak yang melihat hal tersebut sebagai harapan adanya koalisi politik antara kedua tokoh tersebut.

3. Demokrat pasrah pada keputusan Jokowi untuk peluang AHY masuk di kabinet

Demokrat: Pertemuan Jokowi-SBY Bisa Kapan SajaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Mengenai peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam kabinet, Jensen mengatakan, hal itu adalah urusan Jokowi.

"Itu urusan Pak Jokowi, ini periode kedua dia jadi Presiden. Pak Jokowi kenal semua ini orang. Apa kebutuhan Pak Jokowi lima tahun ke depan, Pak Jokowi juga yang tahu," ujar dia.

4. Pertemuan Jokowi-SBY belum tentu urusan koalisi

Demokrat: Pertemuan Jokowi-SBY Bisa Kapan SajaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pakar komunikasi politik Lely Arrianie mengatakan, pertemuan Jokowi-SBY bukan berarti akan terjadi koalisi antara Demokrat dengan Koalisi Indonesia Kerja, yang berbeda kubu pada Pemilu 2019.

"Rekonsiliasi sudah terjadi. Akan tetapi, komunikasi politik itu perlu tindak lanjut. Tindak lanjutnya apa? Yang jelas rekonsiliasi bukan berarti berkoalisi, itu kata kuncinya," kata Lely ketika dihubungi, Kamis (8/8).

5. Pembahasan menteri pasti terselip dalam pertemuan Jokowi-SBY

Demokrat: Pertemuan Jokowi-SBY Bisa Kapan SajaIDN Times/Margith Juita Damanik

Meski waktu pertemuan Jokowi-SBY belum ditentukan, banyak pihak melihat peristiwa tersebut sebagai harapan adanya koalisi politik antara kedua tokoh tersebut. Lely tidak memungkiri kemungkinan itu.

Lely memprediksi dalam pertemuan Jokowi-SBY bisa saja muncul pembahasan menteri dan kesempatan memberi panggung kepada AHY dalam Kabinet Kerja.

"Kepentingan lainnya boleh jadi nanti ada pembicaraan soal politik 'titip-menitip', istilahnya. Terutama, buat Demokrat untuk panggung politik AHY, karena tidak mencalonkan di DPR," kata dia.

Baca Juga: Pakar Politik: Demokrat Harus Merapat ke Jokowi untuk Siapkan AHY 2024

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You