Densus 88 Kembali Tangkap 1 Tersangka Lain terkait Bom Makassar

Total ada 8 tersangka lain yang ditangkap Densus 88

Jakarta, IDN Times - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap seorang terduga teroris di Makassar, Sulawesi Selatan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, terduga teroris berinisial I itu ditangkap pada Rabu (31/3/2021) pagi.

“I berumur 40 tahun ini adalah masuk dalam kelompok Villa Mutiara, sekarang sedang pendalaman sejauh mana keterlibatan I dalam aktivitas JAD (Jamaah Ansharut Daulah) di Makassar,” kata Rusdi saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi: 3 Tersangka Bom Makassar yang Ditangkap Perempuan

1. Polisi tangkap delapan tersangka lain bom Makassar

Densus 88 Kembali Tangkap 1 Tersangka Lain terkait Bom MakassarDeretan fakta ledakan bom di depan pintu gerbang Gereja Katedral Makassar (IDN Times/Sukma Shakti)

Atas penangkapan tersebut, Densus 88 total telah menangkap 8 tersangka teroris kelompok JAD yang diamankan setelah bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar.

Sebelumnya, polisi telah menangkap tersangka berinisial AS, SAS, MR, AA, MM, M, dan MAN. Kedelapan tersangka terduga teroris ini diduga membantu dan memotivasi L dan YSF dalam aksi bom bunuh dirinya.

“Jadi untuk di Makassar sampai saat ini telah diamankan delapan orang,” ujar Rusdi.

2. Densus 88 juga tangkap dua teroris di Jatim

Densus 88 Kembali Tangkap 1 Tersangka Lain terkait Bom MakassarPetugas kepolisian mengangkat kantong jenazah berisi bagian tubuh dari terduga pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) (ANTARA FOTO/Indra Abriyanto)

Selain menangkap I, Densus 88 juga menangkap dua terduga teroris JAD di Jawa Timur. Tersangka adalah NM laki-laki berumur 45 tahun di Tulungagung dan LAM, laki-laki 25 tahun.

“Dari mereka diamankan dua buah senjata api, kemudian juga laptop, handphone dan beberapa buku tentang fiqih jihad,” kata Rusdi.

Namun, Densus 88 masih mendalami kedua teroris yang ditangkap di Jatim tentang kaitannya dengan teror bom bunuh diri di Makassar.

3. Tiga tersangka bom Makassar perempuan

Densus 88 Kembali Tangkap 1 Tersangka Lain terkait Bom MakassarFoto dua pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar yang merupakan suami istri (Dokumentasi Divisi Humas Mabes Polri)

Dari delapan tersangka lain yang telah ditangkap Densus 88, tiga di antaranya adalah perempuan. Mereka adalah MM, M, dan MAN.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan, MM berperan mengetahui persis perencanaan amaliyah pelaku bom bunuh diri di Makassar, MM juga memotivasi L dan YSM dalam aksinya.

MM juga mendapat motovasi untuk jihad dan syahid dari SAS yang telah ditangkap. Keduanya bersama-sama mengikuti baiat di Villa Mutiara.

Tersangka yang ditangkap berikutnya adalah M, kakak ipar dari SAS. Ia mengetahui SAS mengikuti kejadian di Villa Mutiara.

Sementara, MAN berperan melihat saudara L saat terakhir menggunakan motor berangkat menuju lokasi ledakan pada saat rencana bom bunuh diri, dan juga mengetahui SAS mengikuti kajian.

“Terkait dengan tersangka teroris yang telah diamankan di Makassar, mereka merupakan kelompok atau terafiliasi langsung dengan jaringan JAD yang sama persis pos mereka atau mereka di Villa Mutiara yang ditangkap pada 6 Januari 2021 lalu,” ujar Ahmad, Selasa, 30 Maret 2021.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Tangkap 7 Tersangka Lain Bom di Makassar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya