Densus 88 Tangkap 37 Terduga Teroris Jemaah Islamiyah dari 10 Provinsi

Sepuluh teroris di antaranya ditangkap di Jawa Tengah

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 37 terduga teroris dalam operasi pencegahan dan penindakan terorisme di 10 provinsi yang dilakukan sejak Kamis (12/8/2021).

“Penangkapan sejak Kamis hingga Sabtu (14/8/2021),” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (14/8/2021).

1. Sebanyak 10 teroris ditangkap di Jawa Tengah

Densus 88 Tangkap 37 Terduga Teroris Jemaah Islamiyah dari 10 ProvinsiKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Ramadhan menjelaskan, penangkapan 37 terduga teroris ini ditangkap di wilayah berbeda-beda di 10 provinsi. Dengan rincian enam orang di Sumatra Utara, dan tiga di Jambi.

Penangkapan juga dilakukan kepada tujuh orang di Lampung, empat di Banten, dua di Jawa Barat, 10 di Jawa Tengah, dan masing-masing satu orang di Sulawesi Selatan, Maluku, dan Kalimantan Barat. 

Baca Juga: 3 Jenazah Teroris MIT Poso Teridentifikasi: Qatar, Rukli dan Ambo

2. 37 orang yang ditangkap merupakan kelompok JI

Densus 88 Tangkap 37 Terduga Teroris Jemaah Islamiyah dari 10 ProvinsiIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Operasi pencegahan dan penindakan terorisme ini, kata Ramadhan, dilakukan oleh Tim Densus 88 Polri bekerja sama dengan Satgaswil Densus di masing-masing wilayah.

“Sebagian besar merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiah (JI), kecuali dua orang di Kalimantan Timur adalah kelompok media sosial bukan JI," kata Ramadhan.

3. 37 terduga teroris masih dalam proses pemeriksaan

Densus 88 Tangkap 37 Terduga Teroris Jemaah Islamiyah dari 10 ProvinsiIlustrasi polisi mengamankan barang bukti dari rumah terduga teroris.( ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Saat ini, Ramadhan mengatakan, seluruh terduga teroris yang telah ditangkap masih dalam proses pemeriksaan oleh penyidik di masing-masing wilayah.

"Status mereka masih terduga," kata Ramadhan.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Teroris Agus yang Kabur dari Polda Babel

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya