Densus 88 Tangkap 5 Teroris Jemaah Islamiyah di Jawa Timur

Densus 88 menangkap 13 teroris JI dalam 2 pekan terakhir

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap lima anggota teroris kelompok Jemaah Islamiyah (JI) Jawa Timur pada Selasa (9/11/2021). Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, mengatakan teroris pertama yang ditangkap berinisial BA. Dia ditangkap di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

“Berdasarkan keterangan yang bersangkutan, BA merupakan orang kepercayaan dari Abu Fatih dan yang bersangkutan menyiapkan dan memberikan paket satu senjata api jenis M16 ke saudara HP yang telah ditangkap terdahulu,” ujar Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sukosewu Bojonegoro

1. Densus 88 tangkap alumni Mooro Jalur Cadet

Densus 88 Tangkap 5 Teroris Jemaah Islamiyah di Jawa TimurKabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selanjutnya AS, ditangkap di Kabupaten Gersik, Jawa Timur pada pukul 07.40 WIB. AS merupakan alumni Mooro Jalur Cadet angkatam ke-3. AS juga sebagai instruktur pelatihan Tadrib Uhud Poso. Ia melatih fisik, taktikal, survival, menembak serta melatih merakit senjata termasuk bom.

“AS juga mengikuti Turbah Tahriz Bithonah di Surabaya. Dan yang bersangkutan sebagai ketua koordinator JI Surabaya,” kata Ramadhan.

Baca Juga: Pria yang Ditangkap Densus di Bojonegoro Menjabat Ketua Sebuah Yayasan

2. AN dan AH ditangkap di Kediri

Densus 88 Tangkap 5 Teroris Jemaah Islamiyah di Jawa TimurIDN Times/Axel Joshua Harianja

Ketiga, AN ditangkap di Pare, Kediri, Jawa Timur pada pukul 07.25. AN merupakan fasilitator pengamanan Madlubid atas nama J dan IR yang sudah ditangkap di Jambi beberapa waktu lalu.

“Berdasarkan keterangan, AN masuk dalam bidang FKPP. Kemudian terkoneksi CDR dengan saudara A alias H yang telah ditangkap,” ujar Ramadhan.

Selain menangkap AN di Kediri, Densus 88 juga menangkap RH alias AH. AH merupakan koordinator yang memberangkatkan teroris J dari Kediri ke Jambi pada Agustus 2020 dimana lima orang diantaranya sudah ditangkap.

“Terakhir MA, ditangkap di Desa Kolor kecamatan Sumenep Jatim jam 11.32 di mana keterlibatannya di dalam struktur JI saudara MA adalah koordinator Sumenep. Ia sebagai tuan rumah sekaligus peserta dalam pertemuan tim lasnah di rumahnya,” kata Ramadhan.

Baca Juga: Kumpulkan Dana Kotak Amal, Teroris JI Kirim Anggota ke Suriah dan Irak

3. Densus 88 berhasil menangkap 13 teroris JI

Densus 88 Tangkap 5 Teroris Jemaah Islamiyah di Jawa TimurIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam dua pekan terakhir, Densus 88 telah berhasil menangkap 13 teroris kelompok JI. Delapan teroris JI ditangkap di Lampung dan lima teroris lainnya ditangkap di Jawa Timur.

“Semua kelompok JI tentu ada kaitannya, dalam organisasi kelompok JI anatara kelompok A dengan B pasti ada hubungannya. Baik hubungan penyandang dana maupun hubungan pengiriman personelnya,” kata Ramadhan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya